Kinerja dan Prilaku Pejabat Nomor Satu

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan setelah Kaltim meraih peringkat pertama di Indonesia untuk laporan akuntabilitas kinerja pemerintahan, maka perilaku para pejabat juga harus nomor satu atau lebih baik. Hal ini terkait dengan mindset atau pola pikir, sehingga setiap pejabat harus berpikir untuk mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat.
“Kalau bisa mempermudah mengapa harus mempersukar. Sebab, kalau berbicara mengenai keterbukaan informasi, masalah sikap anti korupsi, itu juga adalah bagian dari perubahan mindset. Diharapkan, ke depan kita bisa menunjukkan ke masyarakat bahwa Kaltim bukan hanya bisa nomor satu akuntabilitas kinerja pemerintahan tetapi prilaku pejabatnya juga harus lebih baik,” kata Awang Faroek Ishak usai penyerahan Satya Lancana Karya Satya di Pendopo Lamin Etam Kaltim, Rabu (15/1).
Dengan peningkatan tersebut, diharapkan ke depan bermuara pada outcome oriented (hasil), sehingga kinerja yang dilakukan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat. Karena itu, bagi seluruh pegawai di masing-masing SKPD diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah diraih dengan  semakin meningkatkan  kinerja dan semangat pengabdian sesuai dengan bidang tugas dan profesi masing-masing.
 Apalagi, kuantitas beban kerja pegawai kini disusun berdasarkan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK). Setiap PNS harus tahu persis uraian tugas masing-masing. Setelah mendapat uraian tugas, maka akan diketahui berapa kuantitas beban kerjanya setahun dibagi dalam bentuk bulan, minggu dan hari.  (jay/hmsprov)
 

Berita Terkait