KIP Kaltim Nilai Keterbukaan Informasi di Kaltim Selalu Meningkat

 

SAMARINDA — Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kaltim M. Imron Rosyadi mengapresiasi kinerja Pemprov Kaltim yang terus berusaha melakukan pembenahan terhadap keterbukaan informasi publik setiap tahunnya.

"Pembuktian Pemprov adalah dengan berbagai program yang telah dilaksanakan dan yang terbaru adalah Pemprov Kaltim mencanangkan Cyber Province di Kaltim yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi," katanya.

Kaltim Cyber Province merupakan salah satu bentuk inisiatif yang harus dikembangkan untuk mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seluas-luasnya bagi masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan interaksi pemerintah dan rakyat.

 “KIP kaltim melihat adanya tekad yang kuat dari program pemprov Kaltim untuk terus memperbaiki keterbukaan informasi publik yang ada. Saya pikir ada peningkatan di tahun ini. Dengan mencanangkan cyber province tersebut adalah suatu terobosan cukup bagus,” katanya.

Lebih lanjut, imron menyampaikan bahwa dalam keterbukaan informasi ini tidak lain adalah tekad gubernur Kaltim yang selalu mengingatkan terkait pentingnya keterbukaan informasi publik sebagai upaya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan transparan.

"Sudah sejak lama Gubernur Kaltim mencanangkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi. Dengan adanya keterbukaan informasi publik diharapkan tindak korupsi bisa dihindari," katanya.

Imron juga berharap dengan sejumlah program pemprov kaltim dalam keterbukaan informasi dapat mempertahankan peringkat penilaian keterbukaan informasi publik seperti tahun-tahun sebelumnya. "lebih berharap lagi jika bisa meningkat kembali meraih peringkat pertama seperti tahun 2013 lalu," katanya. (rus/humasprov)

Berita Terkait