Komisi VII DPR-RI Serap Aspirasi IKN


BALIKPAPAN - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menerima Kunjungan Kerja Komisi VII DPR-RI di Mahakam Room 1-2 Hotel Royal Suite Balikpapan, Kamis (19/12/2019).

 

Kunker Komisi VII membidangi ESDM dan Ristek / BRIN ke Kaltim dalam Reses masa persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 dipimpin H Alex Noerdin. Didampingi Dr Awang Faroek Ishak, Rudi Mas'ud, Mulan Jamela, Haeny Relawati Rini, HM Ridwan Hisyam, Katherine Oendoen, Ina Elizabet Kobak, Rofiq Hananto dan Abdul Wahid.

 

"Ini hari kedua kami berkunjung menginap disini (Balikpapan). Semata-mata untuk menyerap aspirasi masyarakat Kaltim. Tolong manfaatkan kehadiran komisi ini sebaik-baiknya untuk kebaikan daerah," ujar Alex membuka sambutannya.

 

Apalagi lanjutnya, Kaltim sudah dipilih sebagai ibu kota negara baru Indonesia. Jadi, DPRRI khususnya Komisi VII selaku lembaga tinggi negara sangat berkepentingan memperjuangkan aspirasi rakyat, tidak terkecuali masyarakat Kaltim.

 

"Pandai-pandailah pemerintah daerah atas nama rakyat memanfaatkan kunjungan komisi-komisi. Sampaikan seluruh permasalahan dan aspirasi, saran dan masukan kepada kami untuk dicarikan solusinya," jelas mantan Gubernur Sumatera Selatan ini.

 

Sementara Wagub Hadi Mulyadi atas nama pemerintah daerah dan maayarakat Kaltim sangat mengapresiasi atas kunjubgan Komisi VII DPR-RI ke Kaltim, khususnya menyerap aspirasi daerah Kaltim yang saat ini dipersiapkan menjadi ibu kota negara.

 

"Kaltim sebagai daerah perhasil namun tidak menikmati secara baik kekayaan alamnya. Minyak dan gas bumi juga batubara. Selain bagi hasil yang kecil, pendapatan kami dipangkas dari pajak alat berat dihapuskan. UU HKPD dan perkelapasawitan tidak tuntas. Kami sangat merasakan ketidakadilan pembangunan. Tolong titip diperjuangkan Komisi VII," ungkap Hadi.

 

Pertemuan dihadiri Asisten  Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim Abu Helmi, Forkopimda dan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, Direksi PT PLN dan PT Pertamina, PT KPC, SKK Migas, Bapeten,BIG, BPPT, LIPI, Batan dan Lapan, BPH, dan pejabat Kementerian ESDM. 

 

Diakhir pertemuan, Wagub Hadi Mulyadi dengan anggota Komisi VII DPR-RI saling bertukar cinderamata.

 

Juga, Wagub menerima hasil riset yang diserahkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berupa buku 2 Abad dan Produk Hasil Riset Kebun Raya Bogor oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah Dr Mego Pinandito. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berupa Peta dan miniatur pesawat N219 oleh Biro Perencanaan Keuangan Husni W Indratno. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) berupa Benih Padi oleh Deputi Bidang Penggunaan Tenologi Nuklir  Hendik Winarno dan Badan Informasi Geospasial (BIG) berupa Peta NKRI dan plakat oleh Widyaswara Utama Dr Ir Nurwajedi.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait