Komitmen Sektor Perkebunan Terhadap Program FCPF

kegiatan Komitmen Program FCPF Carbon Fund Kalimantan Timur di Blue Sky Balikpapan (17/10/2019) (rian/humasprovkaltim)

BALIKPAPAN - Output yang dihasilkan sektor perkebunan akan mendukung wilayah yang berkonservasi tinggi untuk memperoleh pembangunan kebun berkelanjutan. Demikian dikemukakan Dr I Wayan Susi Dharmawan koordinator FCPF/P3SEKPI pada kegiatan Komitmen Program FCPF Carbon Fund Kalimantan Timur di Blue Sky Balikpapan (17/10/2019).

Kegiatan dibuka Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan Ir Henny Herdiyanto mewakili Kepala Dinas Perkebunan Kaltim. Pertemuan membahas terkait wilayah yang akan diusulkan menjadi wilayah konservasi di areal perkebunan di kabupaten/kota.  

Henny juga memaparkan  target mitigasi emisi gerakan rumah kaca (GRK) sektor perkebunan. Paparan dilanjutkan oleh Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kaltim yang juga salah satu Tim Negosiasi, Saur Parsaoran terkait pendekatan pengukuran, pelaporan, verifikasi, benefit sharing mechanich termasuk down payment yang mulai dihitung sejak tahun 2020 dan dibayarkan tahun 2021.

Paparan ditutup dengan materi perhitungan emisi oleh Kasi Pemeliharaan Lingkungan Hidup Muhammad Fadli. Hadir perwakilan Dinas Perkebunan dari 7 kabupaten dan kota, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian,  Dinas PUPR dan kalangan akademisi dan mitra kerja yakni WWF, Solidaridad, GIZ, Cifor, TNC dan  Gapki. (inni/sul/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation