Komunitas Potensial Promosikan Pariwisata Daerah

Rusmadi (tengah) dan Syafrudin Pernyata (Kepala Dinas Pariwisata Kaltim) bersama Komunitas Sepeda Onthel Samarinda. (rosehan/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA - Komunitas atau kelompok sosial yang berada dan eksis di suatu daerah sangat berperan dalam mempromosikan potensi pariwisata di wilayahnya. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi pada peringatan HUT Pariwisata Dunia ke-37 Tahun 2017 di halaman parkir Stadion Madya Sempaja Samarinda, Minggu (1/10).

Menurut dia, berbagai komunitas saat ini tumbuh dan berkembang bukan hanya di daerah perkotaan, tapi juga hingga daerah pedesaan.

"Sahabat muda khususnya kelompok komunitas sosial terlebih komunitas wisata. Mari bekerja keras mempromosikan potensi dan objek wisata di daerah kita," ajak Rusmadi.

Komunitas sosial dengan jaringan yang tersebar luas didukung kemajuan teknologi informasi atau media sosial pasti akan mudah menginformasikan potensi objek wisata di suatu daerah. 

Komunitas atau kelompok sosial dalam masyarakat menurutnya, sangat identik dengan anak muda yang penuh kreatif dan inovatif tentu mampu menyampaikan informasi secara baik kepada masyarakat luas bahkan manca negara.

Apalagi lanjutnya, Kaltim memiliki potensi pariwisata yang beranekaragam dengan kekhasan daerah dan ecotourisme yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten dan kota.

Diantaranya, pariwisata laut dan kepulauan Derawan, Maratua dan Kakaban sekitarnya di Kabupaten Berau. Juga keindahan alam dan petualangan serta kebudayaan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu.

Termasuk wisata kerajaan di Paser dan Penajam Paser Utara serta Samarinda dan wisata kuliner di Bontang dan Balikpapan.

Rusmadi mengakui pengembangan dan promosi pariwisata menjadi tanggung jawab pemerintah tapi keterlibatan masyarakat dan pihak swasta tidak ada larangan.

"Pariwisata tidak akan maju kalau hanya dibebankan ke pemerintah. Selayaknya masyarakat dan swasta bisa terlibat dalam upaya memajukan dunia pariwisata kita," harap Rusmadi. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait