KONI Kaltim Siap Dukungan Tekad Gubernur

Agar Atlet Daerah Bisa Meraih Prestasi Internasional
 
SAMARINDA - Dukungan sejumlah pemangku kepentingan,  baik eksekutif maupun legislatif, terutama kebijakan Gubernur H Awang Faroek Ishak selaku kepala daerah sangat menentukan kemajuan dan  keberhasilan pembangunan olahraga Kaltim. Dengan harapan atlet daerah mampu menembus prestasi olahraga internasional.  
“Terlebih penting komitmen gubernur dalam menggerakkan pihak swasta atau perusahaan di daerah untuk menjadi bapak angkat pembinaan olahraga Kaltim berbuah manis dengan prestasi di tingkat nasional bahkan internasional,” kata Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya, di Kantor Gubernur, Senin (9/9).   
Prestasi dalam ajang nasional pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Pekan Baru, Riau 2012 menduduki posisi lima besar nasional dan menjadi provinsi dengan raihan medali terbanyak di luar Pulau Jawa. Kaltim sukses meraih 139 medali terdiri dari 44 emas, 45 perak dan 50 perunggu.
Sedangkan ajang olahraga di level Asia Tenggara atlet Kaltim juga mampu berprestasi dan mengharumkan nama daerah bahkan Bangsa Indonesia. Termasuk persiapan 56 atlet memperkuat pasukan merah putih pada ajang Sea Games di Myanmar akhir tahun ini.
Selain itu, prestasi di tingkat internasional khususnya di ajang Olimpiade London  Inggris pada 2012 mampu diukir dua atlet angkat besi Kaltim, Triyatno dengan medali perak dan Eko Yuli Irawan dengan  medali perunggu.
Termasuk ajang-ajang tingkat nasional untuk masing-masing cabang olahraga (Cabor) untuk angkat besi dan taekwondo juara umum. Terlebih memperkuat tim nasional untuk Cabor Kempo di Jepang atlet Kaltim meraih tiga dari enam medali emas Indonesia.
“Guna meraih prestasi, lebih baik dukungan yang diberikan tidak cukup hanya latihan fisik maupun teknis dan mental. Tetapi komitmen Gubernur Awang Faroek dalam memberikan dukungan alokasi anggaran atau pendanaan termasuk sarana atau fasilitas tempat pelatihan para atlet Kaltim, menjadi bagian atau faktor penentu prestasi yang telah diraih,”  ungkap Zuhdi Yahya. (yans/hmsprov).

////FOTO : Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak (enam dari kiri) dan Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya (delapan dari kiri) bersama sejumlah atlet Kaltim yang akan berlaga di Popnas XII di Jakarta.(johan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait