Konsolidasi Organisasi Anggota BKOW

Konsolidasi Organisasi Anggota BKOW

 

SAMARINDA – Dalam upaya memantapkan penyelenggaraan program organisasi serta penguatan terhadap keberadaan organisasi bagi anggota dan masyarakat maka Pengurus Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Kaltim melaksanakan konsolidasi internal.

Konsolidasi yang dilakukan para dewan pimpinan BKOW dengan organisasi anggota akan semakin baik, sekaligus untuk meningkatkan rasa memiliki terhadap organisasi sehingga terbangun semangat untuk memajukan organisasi melalui berbagai  program.

Menurut Ketua BKOW Kaltim Hj Itty Rukiyah, konsolidasi internal ini penting terutama dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi. “Silaturahmi dan komunikasi yang harmonis antar sesama pengurus organisasi anggota sangat strategis bagi organisasi,” ujarnya, Jumat (3/10).

Selain itu, melalui konsolidasi ini akan terbangun sinergis antar organisasi yang berjumlah 46 organisasi wanita di Kaltim tersebut. “Kita akan mampu temu kenali permasalahan dan kendalam dalam mengimplementasikan program organisasi,” jelas Itty.

Terlebih utama ujar Itty, konsolidasi itu guna memantapkan langkah-langkah organisasi untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas anggotanya yang terdiri dari kaum wanita di Kaltim sehingga tidak tergilas dengan kondisi saat ini.

Diakuinya, beberapa permasalahan yang muncul kepermukaan terus menjadi kendala dalam penyelenggaraan program dan kegiatan organisasi. Diantaranya, permasalahan dukungan dana dan waktu bagi anggota serta sumber daya manusia (SDM) anggota.

Itty tidak menampik tanpa dukungan dana yang memadai maka dapat mengganggu kelangsungan kinerja organisasi terutama dalam mengimplementasikan program dan kegiatan organisasi yang berkaitan upaya meningkatkan sumber daya mansuia (SDM) anggota.

Namun demikian lanjutnya, selama ini dukungan dan perhatian Pemprov Kaltim khususnya sejak kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak cukup besar. “Kami merasa terayomi selama kepemimpinan Gubernur Awang Faroek,” ujar Itty.

Walaupun dukungan dana masih minim untuk pelaksanaan kegiatan namun anggaran tersebut tetap dioptimalkan penggunaannya. “Kami tetap mengharapkan dukungan penuh Pemprov Kaltim dalam anggaran dana demi sukses program dan kegiatan organisasi,” harapnya.

Itty menambahkan sesuai tekad dan komitmen sejak awal pembentukkan organisasi ini untuk meningkatkan peran serta kaum perempuan dalam berorganisasi serta kehidupan bermasyarakat melalui peningkatan kualitas dan kapasitas SDM wanita.

“BKOW sangat berkepentingan untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas serta kualitas setiap diri anggota organisasi. Wanita harus mampu menunjukkan jati diri serta kemampuannya yang kita mulai dari kehidupan berorganisasi,” tegas Itty Rukiyah.

Ditambahkan Itty bahwa BKOW sebagai mitra pemerintah memiliki tanggungjawab yang sangat besar untuk turut menyukseskan berbagai program pembangunan yang telah ditetapkan dan dilaksnakana pemerintah daerah.(yans/hmsprov)

 

Foto: MITRA PEMERINTAH. Dewan Pengurus BKOW Kaltim bersama pengurus DPD Aisyiyah Kaltim usai konsolidasi di DPD Aisyiyah Kaltim.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait