Konsumsi Ayam Potong Capai 75 Persen

 

SAMARINDA - Konsumsi daging Kaltim saat ini  masih didominasi oleh ayam broiler yang mencapai  75,8 persen. "Daging broiler menjadi salah satu komoditas yang sangat diminati di Kaltim. Selain relatif murah juga mudah didapatkan," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dadang Sudarya, Kamis (16/11).

Menurut dia, kebutuhan daging broiler di Benua Etam sampai saat ini sudah dapat dipenuhi dari produksi lokal atau masuk swasembada. 

Dalam beberapa tahun terakhir populasi dan produksi terus meningkat bahkan tercatat mampu mencapai lebih dari 49.553.802 ekor atau 49,5 juta ekor. 

Tingginya konsumsi dengan kemampuan pelaku usaha lokal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat menandakan tingkat taraf hidup masyarakat Kaltim terus mengalami peningkatan.

Selain itu, kebijakan dan dukungan pemerintah daerah tentu sangat berpengaruh terhadap kondisi usaha ternak ayam broiler Kaltim. Karenanya, tingginya kebutuhan masyarakat yang terus meningkat terhadap ayam broiler untuk konsumsi maupun kegiatan usaha akan memberikan peluang usaha bagi masyarakat untuk menekuninya. 

"Kami terus mendorong masyarakat untuk bisa menjadi pelaku usaha khususnya kegiatan usaha ayam broiler. Sebab kebutuhan cukup tinggi yang dilihat dari semakin meningkatnya permintaan,"  ungkap Dadang. (yans/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation