Kontingen Siswa Mengenal Nusantara DKI Jakarta Kunjungi Kaltim

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Hj Meiliana bersama kontingen Siswa Mengenal Nusantara DKI Jakarta yang datang berkunjung ke Kaltim. (seno/humasprov kaltim)

 

Kontingen Siswa Mengenal Nusantara DKI Jakarta Kunjungi Kaltim

 

SAMARINDA - Sebanyak 24 Siswa  Mengenal Nusantara dari Provinsi DKI Jakarta mengunjungi Provinsi Kaltim. Rombongan siswa tersebut dipimpin oleh Direktur Human Capital Management dan Umum PT Perkebunan III (Persero) Holding Segar Budiarjo, dan diterima Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Hj Meiliana.

 

Meiliana dalam sambutan selamat datang  kepada kontingen Siswa Mengenal Nusantara dari DKI Jakarta mengatakan  tujuan kegiatan program Siswa Mengenal Nusantara adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

 

Karena Indonesia merupakan sebuah negeri yang berlimpah kekayaan alam dan dihiasi dengan berbagai keragaman, mulai dari ribuan pulau yang menghiasi khatulistiwa dengan ragam budaya, bahasa daerah, suku bangsa, ras, agama dan kepercayaan, dan lain-lainnya.

 

"Kegiatan ini bertujuan agar pelajar asal DKI Jakarta bisa belajar dan mengenal keindahan budaya, ekonomi, pariwisata  dan kemajuan dunia pendidikan daerah lain termasuk di Kaltim. Oleh karena itu kesempatan ini hendaknya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk bisa lebih megnenal Kaltim," kata Meiliana di Ruang Heart of Borneo, Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (26/7)

 

Meiliana secara rinci memaparkan keberadaan Provinsi Kaltim, baik  letak geografis, keanekaragaman budaya maupun jumlah kabupaten dan kota yang dimiliki, yang terdiri dari 7 kabupaten dan 3 kota. Walaupun sebelumnya Kaltim telah melepaskan 5 kabupaten/kota untuk menjadi Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara)

 

Provinsi Kaltim, lanjutnya  juga memiliki keanekaragam budaya, seperti budaya pesisir, budaya pedalaman dan budaya keraton yang berada di sepanjang Sungai Mahakam. Budaya pesisirnya ada di Kota Samarinda, budaya keratonnya di Kutai Kartanegara, dan budaya pedalamannya berada di Kutai Barat sampai Kabupaten Mahakam Ulu. Semua itu merupakan keunggulan komparatf yang tidak dimiliki oleh kabupaten/kota di Tanah Air lainnya.

 

"Sekarang ini di Kutai Kartanegara sedang dilakukan Erau Adat Kutai dan 5th International Folk Arts Festival (EIFAF) digelar  23-30 Juli 2017. Kalau ada kesempatan silahkan datang ke Tenggarong untuk menyaksikan berbagai kesenian dan olahraga tradisional  Kaltim," pesan Meiliana.

 

Sebelumnya, Segar Budiarjo menjelaskan kunjungan kontingen Siswa Mengenal Nusantara Provinsi DKI Jakarta selama sepekan berada di Kaltim untuk mengunjungi beberapa daerah seperti  ke Bontang untuk melihat langsung pembuatan pupuk pada PT Pupuk Kaltim dan kunjungan ke Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

"Untuk di Samarinda, rombongan  mengunjungi Kampung Tenun Samarinda Seberang, kemudian Desa Budaya Pampang serta tempat-tempat lainnya," kata Segar. (mar/sul/humasprov)  

Berita Terkait