Kalimantan Timur
Kontrak Pendamping Desa Diperpanjang hingga Desember 2016

SAMARINDA- Angin segar akhirnya terbuka bagi para pendamping desa di Negara ini yang semestinya berakhir hingga akhir Maret 2016, kini berlanjut atau diperpanjang hingga 31 Desember 2016, termasuk yang dialami para pendamping desa di Kaltim.

Hanya saja, dari perpanjangan ini ada dua perlakuan yang diberikan kepada pihak yang telah menjalani program tersebut, yaitu pertama bagi yang pernah mengikuti tes itu akan diperpanjang hingga 31 Desember 2016, kedua yang merupakan eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) hanya diperpanjang hingga akhir Mei 2016.

“Perlakuan ini karena mereka yang pernah mengikuti tes pendamping desa telah menjalani sejumlah tahapan tes yang telah dilaksanakan panitia. Sedangkan eks PNPM-MP ketika panitia melaksanakan tes seleksi pendamping desa tidak mengikuti berbagai tahapan tes, sehingga pada awal Juni 2016 mereka wajib mengikuti seleksi dan bersaing jika ingin bergabung kembali, asalkan lulus tes,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim M Jauhar Efendi di Samarinda, Senin (18/4).

Menurut dia, perlakukan terhadap perpanjangan kontrak ini sesuai surat yang diterima BPMPD Kaltim dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sejak 13 April 2016.

Perpanjangan ini berlaku untuk posisi Tenaga Ahli Pendamping Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa (PLD). Adapung jumlah masing-masing posisi, yakni Tenaga Ahli Pendamping Desa tingkat Kabupaten sebanyak 33 orang, Pendamping Desa Tingkat Kecamatan 124 orang dan Pendamping Lokal Desa Tingkat Desa sebanyak 132 orang.

“Jumlah tersebut terbagi di tujuh kabupaten di Kaltim, mulai Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara dan Berau,” jelasnya.(jay/humasprov

Berita Terkait