Koperasi Harus Siap Hadapi Persaingan Ekonomi Global

Koperasi Harus Siap Hadapi Persaingan Ekonomi Global

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP meminta anggota dan pengurus koperasi di daerah ini mempersiapkan diri serta meningkatkan kualitas individu dan kelembagaan dengan melengkapi sertifikasi yang diperlukan. Langkah ini sangat penting untuk mengantisipasi tantangan menyongsong pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Koperasi di Kaltim harus siap menuju ekonomi global.

"Koperasi di Kaltim harus bersiap diri menyongsong MEA 2015. Mulai sekarang persiapkan dengan baik agar koperasi juga bisa bersaing di pasar global," kata Mukmin Faisyal, belum lama ini.

Koperasi menurut Mukmin, memiliki potensi dan peran strategis yang terbukti menjadi penopang kekuatan dan pertumbuhan ekonomi nasional (pro growth). Koperasi telah menyumbangkan andil besar dalam pembangunan, khususnya terkait perluasan kesempatan berusaha bagi wirausaha baru dan penyerapan tenaga kerja, serta menekan angka pengangguran (pro job).

Perkembangan koperasi mulai dari volume usaha, besaran dana yang tersedia, tenaga kerja, sisa hasil usaha secara langsung juga sangat terkait dengan kehidupan dan peningkatan kesejahteraan bagi sebagian besar rakyat Indonesia (pro growth).  

“Pemerintah terus berupaya menciptakan peluang usaha bagi sektor riil, usaha kecil dan menengah serta koperasi. Termasuk memotivasi masyarakat di wilayah perbatasan untuk memberdayakan potensi dan kemandiriannya melalui koperasi,” tambah Mukmin. 

Pemprov Kaltim terus berupaya membangun kemandirian masyarakat dari perkotaan hingga ke desa-desa, pedalaman dan perbatasan agar masyarakat lebih sejahtera tanpa harus menggantungkan diri kepada asing.

Potensi usaha kecil menegah serta koperasi di daearh perkotaan, desa, pedalaman hingga perbatasan diyakini Mukmin masih sangat besar. Potensi ini akan memberikan kemakmuran rakyat jika mampu dikelola dengan baik.

Pemerintah pun berupaya mengembangkan kemitraan yang serasi, diantara pengusaha besar dan BUMN dengan kelompok usaha kecil, menengah dan koperasi. Sehingga diharapkan usaha besar dan BUMN dapat menggandeng usaha kecil menengah dan koperasi.

”Dengan demikian kita akan maju bersama, bukan maju sendiri-sendiri. Makmur bersama dan bukan makmur untuk kelompok-kelompok tertentu saja,” tegas Mukmin.  (jay/sul/adv)

////FOTO : HM Mukmin Faisyal HP

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation