Koperasi Membangun Masyarakat Mandiri

Peringatan Hari Koperasi ke-68 Tingkat Provinsi

SAMARINDA - Pemprov Kaltim meminta agar kualitas pengurus koperasi di daerah ini terus ditingkatkan. Sebab koperasi yang kuat akan membuat bangsa ini tidak bergantung pada Negara lain. Koperasi diharapkan mampu membangun masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Demikian disampaikan Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP saat menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi ke-68 yang dilaksanakan di GOR Segiri Samarinda, Selasa (4/8).

“Keberadaan koperasi membuat bangsa ini tidak bergantung pada asing. Kebijakan pemerintah untuk menguatkan koperasi salah satunya adalah untuk memajukan usaha sektor riil. Karena itu, kualitas pengurus koperasi juga harus ditingkatkan," tegas Mukmin.

Koperasi yang kuat diyakininya akan mampu membangun kemandirian serta masyarakat yang sejahtera tanpa perlu bergantung pada orang lain. Karena itu, melalui koperasi diharapkan masyarakat dapat kreatif dan mandir.

Koperasi pun harus mampu berfungsi sebagai motor penggerak ekokomi masyarakat. Sedangkan kebijakan pengembangan koperasi dari pemerintah pusat maupun daerah diharapkan dapat menciptakan peluang usaha bagi masyarakat kecil dan menengah.

Pengembangan koperasi  di Kaltim ke depan harus lebih merata. Bukan hanya di wilayah perkotaan, pengembangan juga harus dilakukan ke daerah pedesaan dan perbatasan.

“Potensi UMKM di kota maupun desa sangat besar. Ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik. Karena itu, pemerintah berupaya melakukan penataan pelaku usaha melalui koperasi agar menjadi investasi yang besar bagi daerah,” jelasnya.

Puncak peringatan Hari Koperasi juga dirangkai dengan penyerahan bantuan bagi pelaku usaha UMKM se-Samarinda, penghargaan kepada pengusaha koperasi dan pemberian kredit perbankan. Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail. (jay/sul/es/hmsprov)

 

////Foto : Wagub Mukmin Faisyal didampingi Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim Ichwansyah meninjau hasil-hasil kerajinan UMKM di arena pameran Hari Koperasi. (johan/humasprov)

 

 

Berita Terkait