Korem 091/ASN Dukung Pembentukan Tim Penegak Kebangsaan

SAMARINDA – Jajaran Komando Resort Militer (Korem) 091 Aji Surya Natakesuma (ASN), menyatakan dukungan, terkait gagasan Pemprov Kaltim untuk membentik Tim Penegak Kebangsaan   di sejumlah kawasan perbatasan dengan melibatkan masyarakat setempat.


Dukungan tersebut disampaikan Komandan Korem (Danrem) 091/ASN Brijen TNI Gadang Pambudi, terkait rencana tersebut, sehingga akan membantu aparat keamanan dalam penanganan berbagai masalah di kawasan perbatasan.


Dia menilai gagasan itu sangat positif, karena melibatkan warga setempat, sebagi upaya meningkatkan rasa cinta tanah air, sekaligus menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme  kebangsaan.


“Dengan tim ini, kita akan lebih serius dan semakin menunjukkan kepedulian dalam penanganan masalah di wilayah perbatasan..

Artinya, permasalahan ketahanan di wilayah tersebut bukan hanya dibebankan kepada aparat TNI saja, tetapi semua lini dapat mendukung, khususnya tim penegak kebangsaa tersebut,” kata Gadang Pambudi di Lamin Etam, Minggu malam (24/2).


Menurut dia, kepedulian tersebut bisa tumbuh dari siapa saja. Karena, tujuan dari itu adalah untuk mengamankan, menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di kawasan perbatasan.


Apalagi, tim tersebut didukung dan beranggotakan dari jajaran tokoh masyarakat dan pemuda di wilayah perbatasan. Gadang mengatakan, hal itu akan lebih bagus, karena masyarakat setempat mengetahui persis bagaimana kondisi pertahanan di wilayah masing-masing.


“Jika memang hal ini sudah merupakan keputusan, saya pikir sangat tepat. Karena, masyarakat di sana yang mengetahui persis bagaimana situasi dan kondisi perbatasan yang berada di tiga kabupaten, yakni Malinau, Nunukan dan Kutai Barat. Hanya, yang terpenting adalah, tim ini dibentuk jangan untuk dimanfaatkan pada hal negatif,” jelasnya.


Seperti diketahui, usulan pembentukn tim penegak kebangsaan ini disampaikan Kepala Badan Pembangunan, Pengelolaan Perbatasan dan Daerah Tertinggal (BPPDT) Kaltim  Frederik Bid. Tujuannya, agar masyarakat perbatasan Kaltim juga bisa berperan lebih besar untuk menjaga ketahanan keamanan wilayah  perbatasan.(jay/hmsprov).

////FOTO : Brijen TNI Gadang Pambudi
 

Berita Terkait
Government Public Relation