Korpri Bangun Komunikasi dengan Media

SAMARINDA–Anggota Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia ) yang merupakan PNS di lingkup Pemprov Kaltim hendaknya mampu membangun komunikasi yang efektif dengan masyarakat yang saat ini menuntut transparansi kinerja pemerintah.
“Setiap anggota Korpri hendaknya mengetahui bahkan menguasai khususnya mengenai teknis tentang  bagaimana berkomunikasi dengan media yang mana media itu mewakili suara rakyat,” kata Ketua Bidang Pembinaan Jiwa Korps dan Wawasan Kebangsaan Rozani saat mewakili Ketua DP Korpri Kaltim H Irianto Lambrie pada Bimbingan Teknis Kehumasan Korpri se-Kaltim di Aula Korpri Kaltim, Kamis (19/9).
Menurut dia, kemampuan dan kompetensi setiap diri anggota Korpri terutama yang memiliki tupoksi (tugas pokok dan fungsi) berkaitan langsung dengan hubungan masyarakat atau kehumasan maka komunikasi yang efektif sangat diperlukan dan sudah menjadi tuntutan.
Terutama yang berkaitan dengan suatu institusi (lembaga/dinas/badan) di pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan publik. Sehingga, apabila ada keluhan ataupun tuntutan terhadap pelayanan publik yang diberikan pemerintah maka segera disampaikan ke masyarakat.
Bahkan perlu dijelaskan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami serta dimengerti masyarakat bahwa apa saja yang menjadi tupoksi suatu institusi terhadap pelayanan kepada masyarakat tanpa mengurangi maksud baik dalam pelayanan itu.
Terlebih lagi saat ini setiap orang atau masyarakat ingin mengetahui apa saja dan sejauh mana kegiatan yang telah dilaksanakan setiap SKPD (satuan kerja perangkat daerah) di lingkup pemerintah daerah.
“Masyarakat ingin mengetahui apa saja yang telah dikerjakan pemerintah daerah yang telah menggunakan APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) dalam upaya memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan serta peningkatan taraf hidupnya,” ungkap Rozani.
Diharapkan melalui penyuluhan atau bimtek kehumasan ini akan semakin meningkatkan kemampuan serta keahlian anggota Korpri dalam berkomunikasi secara efektif, khususnya yang memiliki tupoksi berkomunikasi dengan masyarakat maupun media.  
Sementara itu Ketua Panitia Bimtek Kehumasan, Iwan Heriawan mengemukakan bimtek berupa penyuluhan tentang kehumasan ini sebagai upaya pengurus Korpri Kaltim untuk meningkatkan kemampuan anggotanya dalam berkomunikasi secara efektif dengan masyarakat.
“Kita menyadari bahwa kemampuan dan keahlian anggota Korpri dalam berkomunikasi masih sangat terbatas. Terutama dalam menghadapi media yang sering menyampaikan aspirasi masyarakat, sehingga melalui bimtek kehumasan ini menambah pengetahuan anggota,” ujar Iwan Heriawan. (yans/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation