KPID Berperan Dukung Pembangunan Daerah

Sertijab Sekretaris KPID Kaltim

SAMARINDA - Pemprov Kaltim menaruh harapan besar kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim untuk berperan mendukung program pembangunan daerah di semua sektor.

KPID memiliki tugas dan tanggungjawab yang sangat penting untuk melakukan pengawasan dan pembinaan sektor penyiaran, baik media radio maupun televisi. Kinerja KPID yang baik akan berperan mendukung terciptanya informasi yang baik kepada masyarakat, khususnya informasi-informasi pembangunan daerah.

“KPID memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Sebab, melalui pengawasan dan pembinaan yang dilakukan lembaga ini, maka informasi yang disampaikan media radio dan televisi akan lebih berimbang, sehingga masyarakat lebih cerdas dalam menilai pembangunan yang dilakukan pemerintah di daerah,” kata Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Kaltim H Bere Ali saat menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Sekretaris KPID Kaltim dari pejabat sebelumnya Solihin kepada HM Faturrakhman, di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (22/8).

Pergantian posisi Sekretaris KPID ini diharapkan mampu memberikan semangat baru di lingkungan KPID Kaltim, sehingga program-program yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik, sesuai rencana program yang telah ditetapkan.

Bere berharap,  agar KPID dengan perannya mampu mengarahkan media-media radio dan televisi di Kaltim untuk dapat mencerdaskan masyarakat dengan cara penyampaian berita dan tayangan berita yang baik.

“Lembaga ini harus memberikan pembinaan kepada media radio maupun televisi agar menyampaikan informasi dengan bahasa yang baik dan tidak memberikan pengaruh negatif terhadap perkembangan pola pikir masyarakat. Dengan demikian, seluruh media, baik radio dan televisi turut berperan mendukung sukses pembangunan daerah,  terutama melalui informasi yang cerdas,” jelasnya.

Sekretaris KPID Kaltim M Faturrakhman berharap jalinan kerjasama yang baik antara komisioner KPID dengan Sekretariat KPID, sehingga apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab lembaga ini dapat berjalan baik.

“Apalagi tahun lalu Kaltim meraih prestasi dalam keterbukaan informasi publik. Ini harus dipertahankan. Caranya, melalui penyiaran yang baik dan berimbang, serta tepat sasaran. Karena itu, koordinasi dengan semua pihak akan kami lakukan, terutama dengan Diskominfo, Biro Humas dan Protokol serta sejumlah media elektronik di Kaltim,” kata Faturrakhman. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: TARUH HARAPAN. Dari kiri Bere Ali, Solihin dan HM Faturrakhman. (jaya/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait