KPPRI Provinsi dan Kabupaten Kota Terbentuk


 

SAMARINDA - Guna mempercepat proses demokrasi di Indonesia melalui pengarustamaan gender dalam pembangunan nasional, Pemprov memfasilitasi pembentukan Kaukus Perempuan Perlemen Republik Indonesia (KPPRI) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Rapat pembentukan KPPRI tingkat provinsi dan kabupaten/kota dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Dr Hj Meliana didampingi Hj Siti Komarih Kuncoro dan dihadiri Anggota DPRD Kaltim dan kabupaten/kota untuk perempuan berlangsung di Ruang Tepian I Kantor Guberur Kaltim, Rabu (1/2).  

Meliana mengatakan,  dasar pemikiran dibentuknya KPPRI Kaltim dan kabupaten/kota adalah berangkat dengan pertemuan dengan Gusti Kanjeng Ratu Hemas yang merupakan pendiri KPPRI, dimana saat ini sudah terbentuk 11 provinsi yang sudah  dibentuk, kemudian ditindaklanjuti oleh Provinsi Kaltim.

"Adapun misi dari pembentukan KPPRI adalah meningkatkan partisipasi perempuan dalam setiap proses pengambilan kebijakan publik, serta mengupayakan agar seluruh kebijakan, program dan kegiatan pembangunan mengintregrasikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki secara seimbang dan adil," papar Meiliana.   

Sementera tujuan pembentukan KPPRI Provinsi dan kabupaten/kota adalah mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui fungsi legeslasi, fungsi anggaran, dan fungsi anggran serta  mempercepat proses demokrasi di Indonesia melalui pengarustamaan gender dalam pembangunan nasional.

"Oleh karena itu dengan terbentuknya KPPRI provinsi dan kabupaten/kota adalah mengutamakan kelembagaan kaukus perempuan  perlemen sebagai institusi yang memastikan terjadinya pengarustamaan gender dalam produk-produk kebijakan dan beranggotakan perempuan perlemen lintas partai politik," ujarnya.

Hasil rapat akhirnya disepakati 6 KPPRI baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Yaitu KPPRI Provinsi Kaltim, KPPRI Kota  Samarinda yang bergabung dengan Kabupaten Berau, KPPRI Kota Balikpapan yang bergabung Paser dan PPU, KPPRI Kabupaten Mahakam Ulu, KPPRI Kabupaten Kutim,  KPPRI Kabupaten Kutai Kartanegara yang bergabung  dengan Kutai Barat dan  Kota Bontang. Pelantikan rencananya dilakukan akhir Februari 2017. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait