KPU Intensif Sosialisasi Pemilu Serentak 2019

Ist. KPU

SAMARINDA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim terus berupaya melakukan sosialisasi dalam menyukseskan pesta demokrasi nasional Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019. Sosialisasi tersebut mulai dari kegiatan bakti sosial, jalan sehat hingga festival band untuk pemilih pemula.

"Kegiatan ini kami lakukan agar Pemilu serentak ini betul-betul sukses di Kaltim. Artinya, ketika 17 April 2019 masyarakat berbondong-bondong untuk pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Ketua KPU Kaltim Rudiansyah di Samarinda, Senin (18/3/2019).

Sosialisasi juga dilakukan bersama partai politik di Kaltim. KPU bertujuan mengajak masyarakat datang ke TPS. Sedangkan partai politik sosialisasinya bagaimana memberikan pendidikan politik bagi pemilih.

Mengenai partisipasi politik, KPU berharap peserta Pemilu dari Tim Capres/Cawapres maupun partai politik turun langsung ke pemilih. "Ini penting dilakukan guna meyakinkan masyarakat untuk memilih. Meskipun pengetahuan mereka tinggi. Jika belum mendapat keyakinan hati. Maka pemilih cenderung pesimis bahkan apatis," jelasnya.

Itulah yang saat ini yang perlu dilakukan hingga tiga hari sebelum pemilihan berlangsung. Bahkan, KPU yakin pemilihan serentak kali ini akan berlangsung sukses. Karena, yang akan dipilih banyak bukan hanya Presiden/Wakil Presiden. Tetapi anggota DPRD kabupaten/kota, provinsi dan DPR RI serta DPD RI.

Ditegaskan Rudi, KPU Kaltim sangat yakin 70 persen partisipasi masyarakat untuk memilih di daerah ini bisa terwujud. "Kami terus lakukan sosialisasi ke masyarakat. Termasuk ke sejumlah media massa baik koran maupun media elektronik," jelas Rudiansyah. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait