Kreatifitas Guru Mampu Tingkat Kecerdasan Siswa

SAMARINDA – Kemampuan,  kreatifitas dan inovasi yang dimiliki para pendidik (guru)  sangat berperan untuk meningkatkan kecerdasan dan kepedulian sosial anak didiknya, terutama dalam pola pengajaran yang diberikan sejak usia dini.
“Guru perlu meningatkan kemampuan dan kreatifitasnya dalam memberikan materi pelajaran. Misalnya, guru Taman Kanak-Kanak (TK) atau PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) mampu bercerita atau mendongeng, sehingga mampu menggugah perasaan dan pola pikir anak didiknya terhadap sesuatu,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno usai membuka Workshop Story Telling Guru TK/PAUD se-Kaltim di Balai Pustaka Baperpusprov Kaltim, Selasa (5/3).
Menurut dia, saat ini masih banyak guru TK/PAUD yang bercerita atau mendongeng masih apa adanya sesuai yang terdapat di dalam buku cerita. Padahal, banyak upaya atau kreatifitas yang dapat dilakukan para guru tersebut untuk meningkatkan kualitas cerita.
Terutama yang berkaitan dengan lingkungan sekitar anak didik untuk dijadikan objek cerita ataupun dongeng yang berisi materi pendidikan, sehingga dengan pola pembelajaran itu selain mampu meningkatkan aktivitas sikap dan pikiran juga tidak membosankan.
Karenanya, Badan Perpustakaan Kaltim merasa perlu meningkatkan kemampuan serta kreatifitas para guru TK/PAUD di kabupaten dan kota melalui pelatihan (workshop) story telling (pola pembelajaran melalui mendongeng/bercerita).
“Kita berharap melalui workshop ini akan mampu meningkatkan kemampuan dan kreatifitas bercerita atau mendongeng para guru TK/PAUD. Apalagi, anak-anak sejak usia dini sudah banyak keingintahuannya, maka itulah pentingnya para guru itu menyampaikan informasi dan pengetahuan melalui mendongeng,” harap Sri Sulasmi.
Sementara itu Kasubbid Pembinaan Perpustakaan Patimah Irny mengemukakan workshop guru TK/PAUD se-Kaltim dilakukan untuk meningkatkan  sumber daya manusia (SDM) guru serta meningkatkan pemahaman pada teori-teori, ilmu serta berbagai sarana dalam mendongeng.
“Workshop ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mendongeng guru TK/PAUD  sekaligus menggunakannya sebagai teknik pengajaran di sekolah sesuai dengan hakikat mendongeng  yang sangat variatif dan beragam,” ujar Patimah Irny.
Workshop Story Telling bagi Guru TK/PAUD se-Kaltim dilaksanakan selama tiga hari di Baperpusprov Kaltim dan Taman Salma Sofa Mugirejo Samarinda diikuti 35 peserta dengan menghadirkan pemateri Awam Prakoso dari Kampoeng Dongeng Jakarta. (yans/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation