KTI Siswa MAN Kaltim Peringkat Dua Nasional

KTI Siswa MAN Kaltim Peringkat Dua Nasional

 

SAMARINDA – Kemampuan serta kualitas dan daya saing pelajar Kaltim semakin tinggi terbukti siswa-siswi Madrasan Aliyah Negeri (MAN) Unggulan Tenggarong Kutai Kartanegara dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) siswa MAN berada di peringkat dua nasional.

Siswi MAN Unggulan Tenggarong adalah Nur Hidayah dan Rizka Rini Wahyuni dengan judul karya ilmiah Analisis Kualitas Air Sungai Tenggarong Berdasarkan Indeks Keanekaragaman Plankton.

LKTI yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) dan diikuti siswa MAN dari 34 provinsi di seluruh Indonesia telah menjadi ajang pembuktian kemampuan dan kualitas pendidikan Kaltim.

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Saifi, komitmen dan tekad Gubernur Awang Faroek Ishak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kaltim melalui sektor pendidikan sudah mulai terlihat dan terbukti hasilnya.

“Gubernur kita telah berkomitmen pemerataan pendidikan sekolah agama dengan umum serta berupaya meningkatkan kualitas SDM melalui sektor pendidikan. Tekad ini sudah terbukti dengan raihan prestasi siswa-siswi MAN di Kaltim di tingkat nasional,” kata Saifi didampingi Kepala Bidang Mapinda Kanwil Kemenag Kaltim Hj Itty Rukiah, Jumat (31/7).

Sementara itu Kepala MAN Unggulan Tenggarong Saharuddin didampingi pembimbing penelitian Rais Budiarto mengatakan, prestasi karya ilmiah ini bukanlah yang pertama diperoleh siswa-siswi MAN Unggul Tenggarong namun hampir setiap tahun memperoleh prestasi baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Selain siswi MAN Unggulan Tenggarong masuk peringkat dua di ajang LKTI tingkat nasional. Juga, siswa MAN 1 Samarinda (Silviana dan Aryo Ekni Rifaldhi) berada diperingkat enam nasional dan final akan dilangsungkan pada 3-7 Agustus di Palembang.(yans/hmsprov)

///Foto: PELAJAR BERPRESTASI. Siswi MAN Unggulan Tenggarong saat melakukan penelitian tentang lingkungan untuk LKTI tingkat nasional 2015.(ist)

 

Berita Terkait