Kualifikasi dan Kompetensi Guru PAUD Terus Ditingkatkan

Wujudkan Pendidikan Berkualitas di Daerah

SAMARINDA-Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan Kaltim terus berupaya melakukan peningkatan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dengan peningkatan tersebut diharapkan mampu mewujudkan pendidikan yang berkualitas di daerah, termasuk jenjang PAUD.   
Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim menegaskan, hingga saat ini yang menjadi tenaga pendidik di jenjang PAUD masih banyak yang belum memenuhi kualifikasi dan kompetensi pendidikan yang dipersyaratkan. Minimal, kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik tersebut adalah Diploma II (D II).
“Karena itu, Pemprov Kaltim bertekad untuk terus meningkatkan kualifikasi kompetensi tenaga pendidik PAUD di daerah. Tujuannya agar pendidikan yang berkualitas di daerah ini dapat terwujud, dimulai dari pendidikan anak usia dini,” kata Musyahrim usai membuka seminar pendidikan tentang pembelajaran PAUD berbasis saintifik sesuai dengan kurikulum 2013 di Samarinda, Sabtu (19/10).  
Menurut dia, agar kualifikasi dan kompetensi tersebut terus meningkat, maka sejak 2009 Pemprov Kaltim terus melakukan peningkatan kualifikasi guru. Kualifikasi itu, sambung dia, dilakukan bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Mulawarman (Unmul). “Diharapkan dengan begitu, standar kualifikasi guru bisa meningkat. Kami berharap kabupaten dan kota juga melakukan hal yang sama,” jelasnya.   
Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan terus melakukan pembinaan terhadap guru-guru PAUD di Kaltim diantaranya dengan menggelar seminar dan pelatihan tentang pengembangan pendidikan anak usia dini dengan durasi waktu yang pendek. Salah satunya dengan seminar pendidikan tentang PAUD berbasis saintifik.  Tujuan pembinaan itu, agar pengetahuan dasar tentang pengelolaan dan pengajaran anak usia dini dapat lebih baik. “Jadi, untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas di daerah ini, terutama pendidikan usia dini, maka perlu peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru,” jelasnya. (jay/hmsprov)

Foto: MINIMAL D-II. Pendidikan Kaltim H Musyahrim menyalami peserta seminar pendidikan tentang pembelajaran PAUD berbasis saintifik sesuai dengan kurikulum 2013. (jaya/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait