Kualitas Mutu Guru SD/MI Diutamakan

Jelang UN SD/MI se Kaltim   

SAMARINDA- Peningkatan kualitas mutu pengetahuan dan wawasan guru Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Iftidaiyah (MI) sangat diutamakan di daerah. Karena, untuk mendukung menyukseskan lulusan SD dan MI yang berkualitas ke depan, terutama jelang Ujian Akhir Sekolah (UAN).

Mendukung peningkatan kualitas mutu guru SD dan MI di Kaltim, Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim terus berupaya melakukan pembinaan terhadap guru-guru tersebut. Contoh, dengan melakukan pelatihan penyusunan soal UAN bagi guru-guru SD/MI se Kaltim.

“Ada 108 guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dari masing-masing perwakilan guru se Kaltim dan Kaltara kami undang untuk mengikuti pelatihan penyusunan soal UAN. Termasuk tutor yang mengelola Paket A. Dengan tujuan agar meningkatkan kualitas mutu pengetahuan mereka dalam menyusun soal ujian bagi siswa SD/MI,” kata Kepala Disdik Kaltim H Musyahrim ketika dikonfirmasi usai membuka pelatihan penyusunan soal UAN SD/MI se Kaltim di Samarinda, Kamis (20/2).

Menurut dia, hal ini dilakukan karena setiap Pemprov di Indonesia, berkewajiban menyusun soal dengan perbandingan 75 persen oleh Pemprov dan 25 persen dilakukan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Karena itu, agar soal itu valid dan terukur, maka diperlukan pengetahuan dan kualitas yang dimiliki para guru mata pelajaran untuk menyusun soal tersebut. “Jadi, saat ini Disdik Kaltim masih melatih terlebih dulu calon para guru yang nantinya akan dipilih untuk masuk tim penyusun soal ujian tersebut dari masing-masing perwakilan daerah. Karena, hal ini juga menentukan keberhasilan peserta didik dalam melaksanakan ujian,” jelasnya.

Terkait standar lulus di jenjang SD/MI memang tidak ada standar yang ditentukan. Namun, diharapkan masing-masing sekolah menetapkan sendiri standar tersebut. Sehingga dapat mengukur sesuai kemampuan siswa yang dimiliki.(jay/hmsprov)

//Foto: Kepala Disdik Kaltim H Musyahrim menyampaikan arahan pada pelatihan penyusunan soal UAN SD/MI se-Kaltim. (jaya/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait