Kualitas Pelayanan Publik Terus Ditingkatkan

SAMARINDA - Pelayanan publik merupakan prioritas utama dalam reformasi birokrasi. Untuk itu, perlu terus dilakukan terobosan dalam rangka percepatan dalam peningkatan pelayanan publik baik di tingkat provinsi maupun daerah.

"Masih banyak kekurangan dan kelemahan yang kita jumpai dalam pelayanan publik, sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Oleh karena itu, Pemprov Kaltim harus terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan berbagai pendidikan dan pelatihan," kata Asisten Pemerintahan Setdaprov Kaltim Dr Meiliana, Kamis (14/4).

Menurut dia, fungsi utama pemerintah melayani masyarakat harus benar-benar dilaksanakan. Sehingga pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu cara dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dengan melakukan survei indeks kepuasan masyarakat.              

"Di organisasi   baik organisasi pemerintah dan satuannya, peningkatan kualitas pelayanan publik adalah titik penting sebagai ujung akhir dari keseluruhan reformasi. Salah satu kegiatan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dengan menyusun indeks kepuasan publik," jelasnya.

Perlu dilakukan penilaian atas pendapat masyarakat terhadap pelayanan aparatur pemerintah dan itu juga dilakukan melalui penyusunan indeks kepuasan masyarakat  sebagai tolok ukur terhadap optimalisasi kinerja pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat.

Diharapkan dengan semua upaya yang dilakukan oleh pemerintah dapat mengubah pola pikir (mindset) terhadap fungsi pelayanan, kesadaran penyelenggara dan pelayananan publik, baik individu maupun organisasi. Sehingga terbangun kepercayaan masyarakat, yang menjadi kunci sukses  peningkatkan kualitas pelayanan. (mar/sul/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation