Kubar Lokasi Kiprah Desa 2019

Jauhar Efendi

SAMARINDA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim kembali mengagendakan kegiatan bertajuk Dialog Interaktif Kiprah Desa 2019 yang rencana dilaksanakan di Kutai Barat, pekan kedua April tahun ini.

Kepala DPMPD Kaltim M Jauhar Efendi menyebutkan peserta yang mengikuti sekitar 150 orang terdiri dari DPMK Kubar, camat, kepala desa, LPM, BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, PKK dan APDESI. "Tahun ini kita agendakan dua kali turun ke lapangan melaksanakan Kiprah Desa. Untuk pelaksanan pertama kita sudah tetapkan Kubar menjadi lokus pelaksanaan," kata Jauhar, di Samarinda, Senin (1/4/2019).

Kubar sebagai pusat pelaksanaan bukan tanpa alasan. Sama seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya di Kabupaten Penajam Paser Utara. Karena daerah tersebut menjadi perhatian pemerintah dan ditetapkan sebagai lokus program penanganan stunting atau kerdil akibat kurang asupan gizi.

Kubar 2019 ini lanjutnya, ditetapkan sebagai lokus pelaksanaan program penanganan stunting. Karena itu, DPMPD Kaltim turut mendukung melalui program pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.

Selain itu, melalui Kiprah Desa diharap dapat menyerap aspirasi secara langsung terkait masalah pembangunan desa di wilayah Kubar. "Harapannya dapat diselesaikan bersama untuk mendorong penyelenggaran pemerintahan desa lebih baik lagi," jelasnya.

Kegiatan dan peogram ini ujar Jauhar, bentuk mendukung Pemprov mengurangi jumlah desa dengan status tertinggal. Diketahui Kaltim telah menetapkan akan mengurangi jumlah desa dengan status tertinggal di Kaltim.

Dalam RPJMD Kaltim 2018-2023 sudah ditetapkan target mengurangi 150 desa tertinggal dari 518 desa tertinggal dan sangat tertinggal dari 841 desa se Kaltim. "Karena itu, forum ini bagian komitmen kita bersama-sama meningkatkan pembangunan desa sesuai yang ditargetkan," jelasnya. 

Selain itu, Kiprah Desa merupakan tindak lanjut pembentukan Satgas Pengawalan Dana Desa dan Pembinaan Implementasi UU Desa di Kaltim. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait