Kuliah Umum Mahasiswa S1 PIN Unmul, Wagub : Hadapi Masalah dengan Arif dan Bijaksana

Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan Kuliah Umum di hadapan Mahasiswa S1 PIN Unmul dan Fisipol Unmul. (rosehan/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Setiap manusia pasti tidak akan pernah lepas dari masalah. Namun demikian, setiap masalah harus bisa diselesaikan dengan arif dan bijaksana. Caranya dengan banyak belajar. Motivasi tersebut disampaikan Wakil Gubernur Kaltim (Wagub) H Hadi Mulyadi pada Kuliah Umum S1 Pemerintahan Integratif (PIN) dan Fisipol Unmul yang dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat Unmul Samarinda, Rabu (31/10). Materi yang dibawakan Wagub Hadi Mulyadi "Mencapai Prestasi Gemilang dan Sukses Berorganisasi". 

Hadi Mulyadi menambahkan permasalahan  dalam hidup ini tidak akan pernah berhenti.  Karena itu adalah ujian dalam hidup itu sendiri. Karena itu, setiap manusia harus bisa  memahami permasalahan  hidup yang dihadapi secara arif dan bijaksana dengan banyak belajar, mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, mendengarkan dengan baik dan tidak mudah terprovokasi. "Kuncinya harus bisa arif dan bijaksana dalam memahami berbagai permasalahan. Memang untuk menjadi orang arif dan bijaksana perlu belajar dan memerlukan waktu," pesan Hadi.  

Yang terpenting lanjutnya, harus banyak belajar. Sebab dengan belajar, berbagai permasalahan pasti bisa diselesaikan dengan baik. Apalagi  mahasiswa S1 PIN Unmul maupun mahasiswa Fisipol Unmul tentu memiliki semangat tinggi. Itu merupakan hal yang luar biasa untuk menjadi motivasi mencapai cita-cita sebagai generasi penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa ke depan. 

Hadi Mulyadi  meminta kepada  mahasiswa S1 PIN Unmul dan Fisipol Unmul  untuk  terus belajar  dan belajar agar bisa menjadi orang sukses. Namun untuk mencapai itu semua  harus berproses dengan belajar  berorganisasi dan latihan kepemimpinan.  

Dikatakan, belajar tidak cukup belajar secara umum, tetapi juga harus belajar  berorganisasi dan belajar kepemimpinan atau leadership. Sukses tidak bisa dicapai secara instan. Harus melalui proses dan perjuangan. "Jangan pernah bermimpi menjadi orang sukses tanpa melalui proses panjang dalam kehidupan. Hal itu bisa dilihat dari para pemimpin yang ada, baik di daerah, pusat maupun pemimpin dunia. Mereka tidak serta merta menjadi pemimpin, tetapi melalui proses yang panjang," beber Hadi lagi.  

Kuliah Umum S1 PIN Unmul tersebut juga dihadiri Pembantu Rektor 4 Unmul Dr Buhori Yusuf,  Waki Dekan 1 Fisipol Unmul Endang Irawan, Ketua Program Studi S1 PIN Unmul  Budiman  serta ratusan mahasiswa S1 PIN dan Fisipol Unmul. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation