Kuliah Umum PIM III dan IV, Jadilah Orang Bermanfaat

Kuliah Umum PIM III dan IV (rian/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi hadir dan menyampaikan kuliah umum dihadapan peserta Diklat PIM III dan IV di Kantor Puslatbang KDOD LAN, Jalan HM Ardans Samarinda, Rabu (11/9/2019).

Hadi berpesan sebaik-baiknya pejabat  adalah mereka yang bekerja dan memberikan manfaat bagi orang lain. "Hal ini penting, agar apa yang dikerjakan mendapat berkah dari Allah Yang Maha Kuasa. Artinya, apa yang dikerjakan dapat dinikmati atau dirasakan orang lain," kata Hadi Mulyadi.

Hadi juga berharap seluruh peserta memiliki cita-cita yang jauh ke depan. Cita-citanya itu dikenang orang lain walaupun sudah tidak lagi menjabat posisi tersebut.

Selain itu, peserta PIM diminta jangan pernah berhenti belajar. Karena, belajar dapat menambah pengetahuan dan banyak manfaatnya bagi orang lain.

"Jangan pernah berhenti belajar, agar pengetahuan yang dimiliki dapat bernilai manfaat bagi orang lain," pesannya.

Hadi berpesan sebagai pejabat harus bekerja keras, tulus dan ikhlas serta jangan lupa berdoa. Sehingga apa yang dikerjakan tidak sia-sia. Artinya, mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa.

Sementara Kepala Puslatbang KDOD LAN Mariman Darto mengatakan tujuan mendatangkan Wagub Hadi Mulyadi yang memiliki pengalaman sebagai guru, fosen bahkan politikus. Guna menginspirasi peserta Diklat PIM sehingga selalu memiliki motivasi dan kreatif dalam bekerja. 

"Dengan inspirasi dan motivasi itu dapat menumbuhkan semangat peserta untuk kreatif dan bekerja serta bermanfaat bagi instansi yang dipimpin maupun orang lain," ujar Mariman.

Mendatangan para tokoh merupakan program baru di lembaga Puslatbang KDOD LAN. Ke depan tidak lagi Diklat PIM diisi hanya pemberian materi yang biasa diikuti peserta. Tetapi, lebih banyak sharing pengalaman. 

Dengan demikian peserta terdiri para pejabat pemeeintahan akan ada perubahan pola pikir dan pola bekerja selaku pimpinan suatu instansi pemerintahan. 

"Kedepan seorang pejabat tidak hanya bisa memimpin sebagai pengarah. Tetapi mereka mampu mengembangkan potensi para staf yang dipimpin," jelasnya.

Kuliah umum diikuti 120 peserta Diklat PIM terdiri tiga angkatan dari kabupaten/kota se Kaltim dan Wilayah Kalimantan.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait