Kalimantan Timur
Kunci Penanganan Bencana Adalah Kecepatan

dok.humaskaltim

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim Yudha Pranoto mewakili Gubernur Isran Noor mengikuti Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tahun 2021 secara virtual dari Ruang Heart of Borneo (HoB) Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (3/3/2021).

 

Yudha menyebut ada beberapa pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka rapat koordinasi dari Istana Negara Jakarta.

 

"Pesan utama Presiden adalah kecepatan. Penanganan yang cepat akan mengurangi jumlah korban bencana," kata Yudha usai mengikuti rapat tersebut.

 

Berikutnya, penanganan bencana tidak mungkin dilakukan sendiri, tapi harus bersama-sama dan lintas sektor. Tidak boleh ada ego sektoral dan ego daerah atau pusat.

 

Pesan Presiden lainnya kata Yudha adalah  pencegahan. Edukasi dan literasi kebencanaan juga harus diberikan agar masyarakat siap dengan langkah yang tepat ketika terjadi bencana seperti banjir dan gempa bumi.

 

Secara nasional, tahun lalu terjadi bencana sebanyak 3253 bencana dan Indonesia menjadi 35 negara dengan risiko bencana tertinggi di dunia.

 

Yudha menegaskan Kaltim siap menjadi bagian dari Indonesia tangguh bencana.

 

Saat pembukaan rakor tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Doni Monardo. Sejumlah menteri, gubernur, bupati dan wali kota mengikuti kegiatan secara virtual.

 

Sedangkan  Kepala BPBD Kaltim Yudha Pranoto hadir bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Hj Padilah Mante Runa dan Karo Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak. (sul)

Berita Terkait