Kalimantan Timur
Kunjungan RSJD AHM Ditiadakan, Antisipasi Penyebaran Covid-19

Foto : Ist

SAMARINDA - Sehubungan pandemi kasus Coronavirus Disease 2019(Covid-19) di beberapa daerah termasuk Kaltim, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam (AHM) Samarinda melakukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

 

Direktur RSJD Atma Husada Mahakam dr Hj Padilah Mante Runa mengatakan pihaknya sebagai salah satu rumah sakit Pemerintah Provinsi Kaltim dalam mengatasi penyebaran Covid-19 telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi dengam melakukan screening pada pasien dan pengunjung RS dengan pemeriksaan suhu tubuh dan pengisian lembar screening Covid-19.

 

Kemudian membuat kebijakan terkait jam kunjungan pasien rawat inap dan jumlah pengantar kunjungan rawat jalan. Tadinya untuk kunjungan (besuk) pasien dua kali sehari, pagi jam 10.00 -11.30 wita. Dan sore pukul 16.00-17.30 wita.

 

"Untuk jam besuk sementara kita tiadakan. Ini sebagai upaya dalam menghindari penyebaran Covid-19. Sementara kegiatan rutin lainnya atau pelayanan utama seperti rawat jalan, pemeriksaan kejiwaan dan lainnya tetap dilaksanakan. Tidak ada perubahan," kata Padilah Mante Runa melalui pesan whatsapp (WA), Kamis (19/3/2020).

 

Padilah menambahkan, rumah sakit juga membagikan cairan disinfektan dan masker bagi pegawai serta melakukan pencegahan dan pengendalian infeksi oleh Tim PPI dan Keswamas RSJD AHM di unit rawat jalan dan rawat inap.

 

Selain itu, RSJD AHM juga melakukan desinfeksi ruangan IGD dan rawat jalan setiap dua hari sekali. Termasuk 

menyiapkan 4 ruangan khusus di IGD sebagai ruangan untuk observasi dan pengawasan terhadap pasien yang diduga mengalami infeksi Covid 19.

 

"Kita juga membagikan vitamin golongan immunomodulator kepada nakes dan petugas di IGD (garda depan) serta petugas-petugas terkait usaha pencegahan dan pengendalian infeksi," ujarnya.

 

Tidak kalah penting dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, ujar Padilah,  pihaknya melakukan

pembentukan Satgas Covid-19 RSJD Atma Husada Mahakam terdiri Bidang Pelayanan, Tim PPI, Instalasi Kesling, Tim K3, para dokter dan perawat IGD.

 

"Semua langkah yang kita lakukan merupakan upaya antisipasi dalam menghindari maupun meminimalisir penyebaran Covid-19, di lingkungan RSJD Atma Husada Mahakam bahkan Kaltim," jelas Padilah.(mar/her/yans/humasprov kaltim). 

Berita Terkait