Kunjungi Hutan Mangrove Muntawir


Hari kedua pelaksanaan Sosialisasi Pengelolaan Hutan Bakau Berkelanjutan, para peserta mengunjungi hutan bakau di Kelurahan Muntawir, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (15/08/2019). Kunjungan ini bertujuan melihat lokasi hutan bakau alam liar Mangrove dan budi daya tanaman Mangrove oleh masyarakat sekitar kelurahan Muntawir. 

 

 

Kepala Seksi Reklamasi dan Jasa Kelautan Vito Yuwono mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim mengatakam latar belakang diadakannya sosialisasi ini adalah menjadi salah satu program kegiatan Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) untuk mengurangi emisi karbon kawasan mangrove yang merupakan kawasan konservasi.

 

"Tujuan utamanya agar masyarakat mempertahankan dan melestarikan kawasan mangrove agar penurunan emisi karbon dapat berjalan dengan baik di wilayah Kaltim," ujar Vito Yuwono. 

 

Sementara itu, perwakilan pemerintah desa M Yamani, mengungkapkan wilayah Muntawir luasnya sekitar 22.220 hektar dan dihuni 215 kepala keluarga (KK) atau 710 jiwa. 

 

"Masyarakat harus dirubah mIndsetnya karena taraf pendidikan dibawah standar jadi di butuhkan mindset baru yang bisa mengubah pola pikir masyarakat supaya mangrove benar benar bermanfaat," jelasnya. (cin/her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation