Kunker Gubernur ke Kabupaten Berau, Kalimarau Bandara Kabupaten Terbaik di Indonesia

Gubernur Awang Faroek mendapat penjelasan dari Bupati Berau H Muharram saat baru tiba di Bandara Kalimarau. (masdiansyah/humasprov)

 

BERAU - Bandara Kalimarau yang dimiliki Kabupaten Berau merupakan bandara terbaik kabupaten yang ada di seluruh Indonesia. Hal itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat diterima Bupati Berau H Muharram dan jajaran FKPD Kabupaten Berau di Ruang VIP Room Bandara Kalimarau Berau, Minggu (1/4). Menurut Awang, Bandara Kalimarau sudah bertaraf internasional sebab bisa didarati pesawat berbadan besar sejenis boeing sehingga menjadi pintu masuk ke Berau.

 

Pemerintah mengakui pelabuhan udara yang berada di kabupaten paling utara Kaltim ini sangat representatif dengan fasilitas bandara bertaraf internasional termasuk landasan pacu sepanjang 1.850x30 meter dengan pesawat terbesar jenis Boeing 737-200. "Kami mengandalkan Berau ini sebagai daerah tujuan atau destinasi wisata baik nasional bahkan mancanegara. Maka keberadaan Bandara Kalimarau menjadi pintu gerbang wisatawan masuk ke kabupaten paling utara di Kaltim ini," katanya.

 

Awang berharap pemerintah daerah terus mengembangkan bandara kebanggaan masyarakat Berau bahkan Kaltim ini karena mampu memberikan multiplier effect bagi daerah bahkan masyarakat. Apalagi lanjutnya, sesuai potensi daerah yang dimiliki maka Berau telah ditetapkan sebagai kawasan industri pariwisata andalan Kaltim. Khususnya potensi pariwisata ecotourisme yang dimiliki seperti gugusan Kepulauan Derawan dan sekitarnya seperti Pulau Sangalaki, Kakaban, Maratua serta gugusan pulau-pulau kecil lainnya  ditambah beberapa kawasan hutan dan gugusan gua karst. "Potensi yang besar ini memang harus dikelola dan dipasarkan secara optimal. Salah satunya Bandara Kalimarau membuka jalur penerbangan langsung dari Malaysia bahkan China dan Eropa," ungkap Awang Faroek.

 

Dalam kunjungan kerjanya pada hari pertama di Kabupaten Berau, Gubernur Awang Faroek disambut Bupati Berau H Muharram didampingi Dandim Berau 0902/TRD Letkol CPN Roni Nuswantoro SE, Wakapolres Berau Kompol Rio Cahyowidi serta jajaran FKPD Kabupaten Berau.

 

Selama rehat di Ruang VIP Room Bandara Kalimarau Berau, gubernur mendapat penjelasan dari Bupati Berau terkait pengembangan bandara bertaraf internasional tersebut. "Bandara masih memiliki luasan lahan yang belum tergarap. Kedepan bisa dimaksimalkan  untuk pengembabgan bandara dan berharap Angkasa Pura bisa ikut mengelolanya terutama dalam menggaet wisatawan mancanegara," harap Muharram. Dalam kunker ke Berau ini, Gubernur Awang Faroek didampingi istri, Hj Ence Suharni Faroek dan hadir menyambut Ketua TP PKK yang juga istri Bupati Berau Sri Juniarsih. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait