Kunker Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Basuki: Prioritas Bangun Jembatan Pulau Balang dan Tol

SAMARINDA – Dalam kunjungan kerjanya ke Kaltim, Menteri Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono mengemukakan komitmen pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan infrstruktur di daerah ini.

Menurut dia, proyek infrastruktur yang masuk dalam agenda nasional dan didukung melalui pembiayaan anggaran belanja dan pendapatan negara (APBN) yakni pembangunan Jembatan Pulau Balang, jalan tol Balikpapan-Samarinda serta Jembatan Waduk Manggar Balikpapan.

“Sekarang ini yang sudah mau jalan yaitu Jembatan Pulau Balang dan jalan tol serta Jembatan Waduk Manggar yang nantinya menyambung jalan tol Balikpapan – Samarinda. Itu prioritas kita,” kata Basuki Hadimuljono usai menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda di Halaman Parkir GOR Madya Sempaja Samarinda, Rabu (28/10).

Diakui Basuki beberapa proyek infrastruktur Kaltim telah menjadi agenda pembangunan infrastruktur nasional. Kebijakan pemerintah pusat ini guna mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional di daerah. 

Secara rutin pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR telah melaksanakan pembangunan jalan, jembatan serta pengairan untuk pertanian. Juga, perumahan dan sanitasi serta air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat.

Basuki mengemukakan progress pembangunan infrastruktur Kaltim cukup baik dan mengalami kemajuan sangat pesat. Termasuk kemampuan pemerintah daerah untuk memberdayakan pengusaha melalui program kemitraan pemerintah dan swasta.

"Kemampuan Gubernur Awang Faroek Ishak sangat bagus dalam memberdayakan pengusaha melalui pola kemitraan, sehingga anggaran kita tidak terlalu terbebani dan dana swasta dapat dioptimalkan,” jelasnya.

Dia menambahkan prioritas penuntasan pembangunan Jembatan Pulau Balang, Jembatan Waduk Manggar dan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda tidak lain untuk mendukung percepatan pembangunan konektifitas infrastruktur jalan dan jembatan Trans Kalimantan.    

Selain itu, pembangunan  yang dimulai dari pinggiran telah menjadi prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla dalam Kabinet Kerja. Tentunya, kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil jadi target pembangunan infrastruktur.

Basuki mengakui dirinya dalam beberapa hari di Kalimantan selain Kaltim juga akan mengunjungi beberapa daerah perbatasan. Termasuk wilayah Kalimantan Utara di Desa Long Bawan dan Long Midang Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan.

Sementara itu, Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan apa yang telah dilakukan pemerintah pusat merupakan bentuk perhatian serius untuk segera menuntaskan berbagai pembangunan sarana infrastruktur di daerah ini.

Sebagai daerah harapan dimasa depan, Kaltim harus dibangun dengan baik, termasuk pemenuhan sarana infrastruktur, baik berupa jalan, jembatan, pelabuhan udara, pelabuhan laut bahkan termasuk rel kereta api.

“Ini semua kita lakukan untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Kaltim,  dengan tekad mencapai Kaltim Maju 2018,” demikian Awang Faroek Ishak.  (yans/sul/es/humasprov).

///FOTO : Gubernur Awang Faroek Ishak berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda di Halaman GOR Madya Sempaja Samarinda.(fadjar/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation