Kunker TPAKD Kaltim ke Maratua


 

Ichwansyah: Pelajar Cerdas Mengelola Keuangan

BERAU – Keberadaan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim sebagai lembaga perbankan milik pemerintah daerah dituntut selain menyalurkan juga mengajak masyarakat mengelola keuangan dengan cerdas.

Karenanya, dalam upaya mengetahui secara jelas permasahalan akses keuangan di masyarakat, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kaltim melakukan sosialisasi sekaligus evaluasi di kawasan pulau terluar di Kaltim bahkan Indonesia.

Tim TPAKD terdiri satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kaltim, OJK dan lembaga perbankan (BPD Kaltim) serta PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida). Kali ini, TPAKD yang diketuai Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setprov Kaltim H Ichwansyah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BPD mengunjungi Pulau Maratua Kabupaten Berau selama tiga hari, 7-9 Desember.

Mengawali kegiatannya di Pulau Maratua, TPAKD melakukan sosialisasi sekaligus dilaksanakan kerjasama BPD Kaltim dengan SD Negeri Nomor 003 Maratua Kecamatan Maratua. Kerjasama tersebut menurut Ichwansyah, sangat strategis dalam upaya mengedukasi pelajar,  khususnya masyarakat agar sejak dini mengenal lebih dekat dengan dunia perbankan.

“Kerjasama ini bagian dari upaya tim dalam percepatan akses keuangan bagi masyarakat. Kali ini OJK bersama BPD membuat produk Simpanan Pelajar (Simpel) agar pelajar cerdas mengelola keuangan dan mengenal dunia perbankan,” kata Ichwansyah.

Selama ini lanjutnya, masyarakat kalau menabung harus memiliki KTP atau dibatasi pada usia tertentu. Namun, terobosan OJK dan BPD Kaltim memberikan kemudahan bagi pelajar untuk menabung atas nama pelajar dengan pola sangat mudah.

Misalnya, setoran awal cukup hanya Rp5 ribu sementara setoran berikutnya cukup hanya seribu rupiah atau sesuai kemampuan anak-anak sekolah. Ichwansyah menjelaskan sekecil apapun dana yang ditabungkan pelajar tentu sangat berarti untuk mendukung pembangunan daerah termasuk pengembangan Pulau Maratua.

Sosialisasi TPAKD di Maratua diawali dengan upacara pagi oleh tim dengan pelajar SDN 003 Maratua yang dipimpin Ketua OJK Perwakilan Kaltim Dwi Ariyanto. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kerjasama BPD Kaltim dengan SDN 003 Maratua untuk program Simpanan Pelajar sekaligus penyerahan buku rekening Simpel oleh Ketua TPAKD kepada pelajar setempat.

Tampak hadir Direktur UTama BPD Kaltim H Zainuddin Fanani dan Dirut PT Jamkrida Kaltim Agus Shohir, Kepala Biro Ekonomi Setprov Kaltim H Nazrin serta pejabat dari Dinas Perindagkop UMKM dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kaltim.(yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation