Laba Bankaltim Lampaui Target Rp562 Miliar


 

SAMARINDA – Laba Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim periode Januari-Oktober baru mencapai Rp200 miliar. Namun, memasuki periode Desember ini sudah mencapai Rp555 miliar dari target tahun ini sebesar Rp562 miliar.

Bahkan jajaran Bankaltim (BPD) memprediksikan capaian laba lembagaperbankan kebanggaan masyarakat ini hingga akhir tahun ini mampu melampaui target atau mencapai Rp612 miliar.

Terhadap capaian perbankan milik pemerintah daerah ini, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak sangat senang dan berharap BPD Kaltim benar-benar menjadi agen pembangunan di daerah.

“Inilah maksud saya agar bagaimana Bankaltim ini benar-benar mampu memainkan peran secara maksimal mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita melalui produk perkreditan di daerah,” katanya saat menerima jajaran

BPD Kaltim di ruang kerjanya, Rabu (21/12). Menurut dia, Bankaltim selain lembaga keuangan yang berorientasi pada provit (keuntungan) juga harus menggerakkan perekonomian daerah melalui kredit sejahteranya.

Sebab lanjut Awang, dirinya sudah mengamanatkan Bankaltim harus menyalurkan kredit kepada pelaku usaha mikri kecil menengah (UMKM) maupun koperasi serta petani dan nelayan.

Bahkan gubernur berencana meminta persetujuan lembaga legislative (DPRD) untuk menyepakati penurunan suku bunga kredit bagi UMKM maupun petani dan nelayan.

“Saya berencana menurunkan suku bunga kredit Bankaltim agar pelaku UMKM maupun petani dan nelayan tidak merasa keberatan dalam meminta kredit di perbankan itu,” jelasnya.

Gubernur menjelaskan Bankaltim meliki beberapa produk kredit untuk pelaku usaha semacam kredit usaha rakyat (KUR) berupa empat sejahtera (4S). Yakni, Kredit Perikanan Sejahtera dan Kredit Ternak Sejahtera, Kredit Sawit Sejahtera serta Kredit Pangan Sejahtera dan terbaru Kredit UKM Sejahtera.(yans/humasprov)  

Berita Terkait