Lahan 50 Hektare untuk ISBI Sudah Siap

Lahan 50 Hektare untuk ISBI Sudah Siap

 

SAMARINDA – Pembangunan gedung dan kampus Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) segera terwujud. Saat ini lahan seluas 30,9 hektare dari 50 hektare yang ditargetkan telah dibebaskan Pemkab Kukar.

Lahan Kampus ISBI yang berlokasi di Desa Loa Lepu Kecamatan Tenggarong Seberang tersebut telah ditinjau pejabat Kementerian  Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Selasa (3/3).

“Kita bersyukur Pemkab Kukar telah membebaskan lahan 30,9 hektare dan ini akan dicukupi hingga mencapai 50 hektare. Walaupun pada  awalnya lahan yang diperlukan untuk pembangunan kawasan ISBI hanya sekitar 20 hektare,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan Dr H Sigit Muryono usai peninjauan lokasi ISBI di Desa Loa Lepu. 

Ditambahkan Sigit, sesuai keterangan pihak berwenang dari Pemkab maka dalam waktu dekat akan dilakukan pembebasan lahan selebar 30 meter guna pembangunan akses jalan masuk ke lokasi gedung kampus ISBI.

Selain itu, guna percepatan pembangunan gedung dan kampus ISBI di Tenggarong Seberang serta pelaksanaan perkuliahan maka pihak Kemenristek Dikti segera akan membentuk satuan kerja (satker).

Namun, pihak kementerian  mensyaratkan perlu disediakan bangunan dasar (home base) bagi para mahasiswa untuk menjalani perkualiahan, sehingga satker ini akan menjadi penguat bagi pelaksanaan perkuliahan dan pembentukan ISBI Kaltim.

Tempat terdekat untuk homebase pelaksanaan perkuliahan adalah Tenggarong namun masih dilakukan kajian tempat yang lebih refresentatif bagi mahasiswa sementara masih menunggu penyelesaian pembangunan gedung dan kampus ISBI.

Namun demikian lanjut Sigit, pihak kementerian menawarkan kepada pemerintah daerah agar terlebih dulu membangunkan beberapa gedung termasuk kampus bagi mahasiswa ISBI setelah itu dapat diserahterimakan kepada pemerintah pusat untuk kelanjutan pembangunan.  

“Pada dasarnya pihak yang berkompeten dalam hal ini Kemenristek Dikti melalui Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Profesor Hermawan sudah datang meninjau lokasi dan pihak kementerian sangat senang,” ungkap Sigit Muryono.

Ikut hadir meninjau lokasi lahan rencana pembangunan gedung dan kampus ISBI di Desa Loa Lepu Kecamatan Tenggarong Seberang yakni Rektor Institut Seni Indonesia (ISI)  Yokyakarta  Dr  Muhammad Agus Burhan dan jajaran Dekan ISI Yokyakarta serta Kepala Dinas Pendidikan Kukar Wiyono. (yans/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait