Lahan Eks Tambang Lebih Baik Dimanfaatkan

Gubernur Awang Faroek saat meninjau areal tambang PT. Insani Bara Perkasa yang akan disulap jadi PEP. Selebihnya, kolam eks tambang disarankan bisa dijadikan keramba ikan dan embung air. (umar/humasprov)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  mengharapkan perusahaan tambang batu bara agar bisa memanfaatkan lubang-lubang eks tambang menjadi keramba ikan maupun menjadikan embung air. "Saya sangat mendukung perusahaan yang dapat memanfaatkan lubang eks tambang menjadi keramba ikan maupun menjadi embung air desa," kata Awang Faroek Ishak saat meninjau lokasi pembangunan Politeknik Energi Pertambangan (PEP) Kaltim di Desa Handil Bakti Kecamatan Palaran, Samarinda, Rabu (6/6). 

Gubernur sangat setuju kolam eks tambang yang sudah bersih  dari logam dijadikan sebagai keramba ikan maupun  dikelola menjadi embung desa yang tujuannya bukan hanya untuk irigasi pertanian, budidaya ikan keramba, juga sebagai stok air untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan. "Kolam eks tambang  juga bisa dikelola sebagai tempat obyek wisata dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Mereka bisa bekerjasama dengan perusahaan tambang di wilayah mereka," kata Awang Faroek.

Gubernur juga menyarankan perusahaan bersama para karyawannya mendukung rencana budidaya keramba ikan ini. Sedangkan untuk benih ikannya pemprov siap membantu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim. "Silahkan jalan yang penting budi daya keramba ikan maupun  embung desa tersebut dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Kerja sama ini saya sambut baik," tegas Awang Faroek. 

Dengan pemanfaatan kolam eks tambang ini diharapkan para karyawan memiliki nilai tambah untuk meningkatkan  pendapatannya, termasuk masyarakat dapat meningkatkan perekonomian keluarganya. Pemanfaatan kolam akan lebih baik daripada kolam dibiarkan begitu saja. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait