Lakukan Inovasi Dalam Mengatasi Berbagai Tantangan

Peserta Diklatpim II Lulus 100 persen

SAMARINDA - Setelah melewati waktu kurang lebih lima bulan (April-Agustus),  59 peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II  Angkatan XLI  Kelas E dari 10 kabupaten/kota dan empat  lembaga dan kementerian dinyatakan lulus 100 persen. 

Kepala Lembaga Adminitrasi Negara (LAN) yang diwakili Deputi Kajian dan Kebijakan LAN Sri Hadayati mengatakan, setelah lulus Diklat ini para peserta harus mampu tampil lebih baik sebagai pemimpin.

"Khususnya dalam merencanakan hingga mengimplementasikan inovasi strategis di instansi masing-masing," kata Sri Hadayati saat menutup Diklat tersebut, di Aula (PKP2A III LAN) Samarinda, Kamis (13/8).

Selanjutnya para peserta diharapkan mampu mengakselerasi peningkatan inovasi kebijakan publik pada level lembaga dan pemerintah daerah.

"Saat ini, kita telah memiliki tambahan 59 inovasi dan aktor kebijakan yang telah membuktikan kompetensinya sebagai pemimpin perubahan yang nantinya dapat memberikan kontribusi terhadap akselarasi peningkatan kualitas pelayanan publik," kata Sri.

Sri Hadayati berpesan agar mereka tidak berpuas diri atas apa yang telah dicapai, karena itu tidak akan mengantarkan pada kesuksesan-kesuksesan lain. Para peserta diminta agar dapat terus mengembangkan diri dan terus berinovasi, sebab masih banyak ruang inovasi yang perlu diisi. 

Sementera itu Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administarsi Negara (PKP2AIII LAN) Samarinda Mariman Darto  mengatakan, konteks yang berkembang saat ini, menuntut LAN melakukan perubahan mendasar. Diklat masa kini harus mampu mendorong inovasi yang sangat besar untuk merespon pergerakan jaman yang terus berubah. 

"Pemimpin perubahan harus mampu mendeteksi segala persoalan sekecil apapun untuk mengambil tindakan cepat demi menyelamatkan organisasi, daerah dan bangsa,"  kata Mariman.  

Dalam kegiatan itu, terpilih lima peserta terbaik,  yaitu Siti Rusmalia Idrus, Dian Kusumanto, Dahniar, Rurien Srihardjanti dan Wilujeng Harimulyati Agustini. (mar/sul/es/hmsprov)

////FOTO : Peserta Diklatpim II yang mengikuti pendidikan di  Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administarsi Negara Samarinda.(fajar/humasprov)

 

  

Berita Terkait
Government Public Relation