Landasan Pacu Maratua 1.700 Meter

TANJUNG REDEB – Kalimantan Timur mengusulkan agar panjang landasan pacu Bandara Maratua yang semula dibangun hingga 1.200 meter diperpanjang menjadi 1.700 meter, sehingga bisa didadarati pesawat lebih besar dengan kapasitas penumpang lebih banyak.
Usulan itu disampaikan Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri Koordinasi Tingkat Menteri terkait pelaksanaan Festival Derawan yang merupakan rangkaian dari Sail Komodo, yang dipimpin Menkokesra Agung Laksono, di Tanjung Redeb, Kamis malam (27/6).
Dalam pertemuan itu, Awang meminta bantuan pemerintah pusat melalui Kementrian PU dan Perhubungan untuk mengalokasikan anggaran lebih besar, sehingga pembangunan landasan pacu Bandara Maratua bisa lebih panjang, sebagai upaya memberikan kemudahan bagi wisatawan yang akan mengunjungi Gugusan Kepulauan Derawan.
“Kita berharap agar ada penambahan anggaran dari pemerintah pusat sehingga Bandara Maratua segera tuntas dengan landasan pacu lebih panjang,” kata Awang Faroek.
Permintaan yang sama juga disampaikan Bupati Berau H Makmur HAPK yang menginginkan Bandara Maratua segera diselesaikan dengan dukungan dana dari pemerintah yang lebih besar, sehingga pada 2014 sudah bisa dioperasikan.
Selain permintaan penyelesaian Bandara,  yang perlu mendapat perhatian adalah penambahan sarana air bersih dan energi listrik di Pulau Maratua, sehingga dapat memberikan jaminan berusaha bagi warga sekitar, terkait pengelolaan kepariwisataan di kawasan tersebut.
Dalam pertemuan tersebut, terungkap juga tentang keinginan Menkokesra Agung Laksono agar landasan pacu Bandara Maratua bisa diperpanjang sehingga bisa memudahkan transportasi para wisatawan yang datang ke Gugusan Kepulauan Derawan.
Selain itu, Kementrian PU juga akan melakukan pembangunan sarana air bersih di Pulau Maratua yang saat ini kapasitasnya 15 liter perdetik  menjadi 17,5 liter perdetik, sehingga mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi penduduk dan mendukung usaha kepariwisataan setempat.
Sedangkan untuk ruas Jalan Tj Redeb ke Tj Batu akan segera dibicarakan oleh Kementrian PU dan diharapkan bisa dibantu, seiring dengan penguatan usulan Kaltim untuk mengubah status jalan tersebut sebagai  Jalan Nasional. (santos/hmsprov).

//Foto: Landasan pacu Bandara Maratua, Berau yang ditinjau Gubernur bersama Menkokesra. (syaiful/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait