Lantik Wawali Samarinda Muhammad Barkati. Isran Minta Tetap Jadikan Samarinda Sebagai Kota Tepian

Gubernur Kaltim H Isran Noor lantik Wakil Walikota (Wawali) Muhammad Barkati (syaiful/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Kota Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kaltim, akhirnya memiliki Wakil Walikota (Wawali) yaitu Muhammad Barkati, setelah resmi diambil sumpah jabatan dan dilantik Gubernur Kaltim H Isran Noor untuk sisa masa jabatan tahun 2018-2021. 

Isran Noor mengharapkan Muhammad Barkati sebagai wakil walikota harus mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dalam membantu Walikota menjalankan roda pemerintahan maupun kegiatan pembangunan dan mendorong perekonomian Samarinda.

Gubernur meminta Walikota Syaharie Jaang dan Wakil Walikota Muhammad Barkati bersama jajaran Pemkot Samarinda untuk menjadikan ibukota Kalimantan Timur ini sesuai dengan slogannya. Yakni, Kota "Tepian" atau Teduh, Rapi, Aman dan Nyaman bagi warga masyarakat. 

"Ikon Samarinda sebagai Kota Tepian jangan dirubah. Karena sudah dikenal seluruh lapisan masyarakat Kaltim bahkan daerah lain," tandasnya usai melantik Wakil Walikota Samarinda di Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis (15/8/2019). 

Terkait permasalahan penanganan banjir dan pembangunan penataan lingkungan hidup. Isran Noor menegaskan harus mendapatkan perhatian serius agar aktivitas dan usaha masyarakat tidak terganggu, 

"Ciptakanlah kota ini menjadi sebuah kota yang memang benar-benar menjadi ibukota provinsi. Segera lakukan konsolidasi dan  koordinasi dengan semua pihak. Baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota serta lintas sektor terkait lainnya. Khususnya memacu pertumbuhan pusat-pusat ekonomi daerah yang integratif demi mewujudkan daya saing daerah yang unggul," pesan Isran Noor.

Kembali mantan Ketua Apkasi ini mengingatkan peran wakil walikota bersama walikota sangat besar dalam mendorong percepatan pembangunan di daerahnya. Selain Samarinda juga Walikota/Wakil Walikota Balikpapan, Bupati Kutai Kartanegara serta Bupati/Wakil Bupati Panajam Paser Utara (PPU).

"Dimana diantara dua kota dan dua kabupaten tersebut adalah calon wilayah ibukota pemerintahan yang akan datang," ungkap Isran Noor.

Acara pelantikan Wawali Samarinda, dihadiri Forkopimda Kaltim, Ketua dan anggota DPRD Kaltim, dan Ketua dan anggota DPRD Kota Samarinda, Walikota Samarinda H Syaharie Jaang beserta jajarannya, kepala perangkat daerah dilingkup Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda, pimpinan parpol, ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait