Lapangan Kini Balu Segera di Bangun Masjid


SAMARINDA - Pemprov Kaltim  akan  membangun  masjid  di Lapangan Kini Balu untuk menggantikan Masjid Al Mu'min yang saat ini masih berada di dalam lingkungan Lamin Etam. Rencana pembangunan itu ditandai dengan pemasangan plang pengumuman yang dipasang sejak Kamis (23/6). 

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim H Bere Ali membenarkan rencana pembangunan tersebut. Sedangkan Masjid Al Mu'min akan difungsikan sebagai pusat kegiatan Taman Pendidikan Al Quran. (TPA).

"Rencana pembangunannya dilaksanakan tahun ini melalui anggaran perubahan 2016, bersama-sama dengan pembangunan dua gereja yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Hal ini menunjukkan adanya harmonisasi dan kebersamaan antarpemeluk agama di Kaltim," jelas Bere Ali.   

Rencana pembangunannya, lanjut Bere Ali  dua tahun anggaran yakni 2017 dan 2018. Tetapi perencanaan dimulai tahun ini dengan model sama dengan Masjid Al Ma'ruf.

Sementera itu Kepala Biro Perlengkapan Setprov Kaltim Agung Pramono mengatakan Lapangan Kini Balu adalah tanah milik Pemprov yang disertai dengan sertifikat. Itu artinya sudah berkekuatan hukum tidak boleh ada yang mambangun di atas lahan tersebut.

Pembangunan masjid ini nantinya akan menampung para jamaah baik lingkungan Pemprov Kaltim, juga terhadap instansi lainnya seperti BPD, PDAM, Korem 091/ASN maupun masyarakat sekitar di Lapangan Kini Balu.  

"Kami sangat mendukung rencana pembangunan masjid di Lapangan Kini Balu ini, di mana sekarang ini proses perencanaan Bidang Cipta Karya Dinas PU Kaltim dan pembangunan fisiknya akan dimulai tahun 2017 mendatang," ujarnya. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation