Laporan Kaltim Lebih Cepat

* Gubernur Serahkan LKPD kepada BPK Kaltim

 

SAMARINDA- Pemerintah Provinsi Kaltimdiwakili Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  Kaltim tahun Angaran 2012 kepada Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kaltim, Sri Haryoso Suliyanto  di Samarinda, Jumat (5/3).

Dalam laporan keuangan tahun 2012 ini, Pemprov Kaltim telah berhasil meyelesaikan laporan lebih cepat, tidak ditemukan kesalahan yang dikecualikan seperti pada tahun 2011 dan yang membanggakan adalah laporan keuangan tahun 2012 ini diserahkanlangsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

“Kita berharap dan kita memang bercita-cita segera mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Dari beberapa pengalaman-pengalaman kita selama ini kita berusaha sebaik-baiknya memperbaiki jangan ada kesalahan laporan,” ujarnya.

Selain tiga hal diatas, Laporan Keuangan Pemprov Kaltim ini juga mendapat dukungan dari semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam memberikan data dan keterangan yang dibutuhkan.

Awang Faroek mengakui bahwa Laporan Keuangan Daerah ini masih jauh dari sempurna dan perlu perbaikan serta pendampingan BPK Kaltim dalam penyusunan dan auditnya sehingga kian tahun kian sempurna.

“Kita telah berusaha menyususn laporan keuangan daerah ini dengan standar kualitas yang telah ditentukan. Mudah-mudahan saja dalam audit kali ini lebih baik jika dibandingkan dengan tahun 2011 lalu,” harap Awang Faroek.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Kaltim Sri Haryoso Suliyanto mengapresiasi kinerja Pemprov Kaltimdalam menyelesaikan Laporan Keuangan Daerah Tahun 2012 ini dengan tepat waktu dan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Menurutnya, BPK sedang menyusun Grand Desain dalam standar penyusunan laporan keuangan pemerintah agar lebih baik, lebih mudah  dan memiliki tingkat kesalahanan terkecil.

“Banyak kemajuan yang telah dicapai dalam laporan keuangan tahun 2012 seperti tidak ditemukannya kesalahan yang sama  pada tahun 2011 serta  beberapa saran telah mendapat perhatian dan perbaikan,” ujarnya.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Peneyerahan Laporan Keuangan Daerah tahun 2012, penandatanganan Berita Acara dan disaksikan oleh beberapa Kepala SKPD dan beberapa Kepala Biro dilingkungan Pemprov Kaltim. (yul/hmsprov)

Foto: TAK DITEMUKAN KESALAHAN. Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak dan Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Kaltim, Sri Haryoso Suliyanto bersama-sama menandatangani Berita Acara penyerahan LKPD. (fajar/humasprov kaltim)

Berita Terkait