Kalimantan Timur
Laporan Suspect Corona di Kaltim

Foto : Dok.Humas

Selama kurun waktu Januari - Maret 2020, Dinas Kesehatan Kaltim menerima 11 laporan suspect Corona di beberapa daerah di Kalimantan Timur.

.

Para terindikasi suspect corona ditangani sesuai prosedur penanganan. Walaupun dari hasil akhir, masih negatif terkena virus corona atau Covid 19.

.

1. Pada 30 Januari 2020 dilaporkan 2 warga negara asing berkebangsaan India yang sedang berlabuh di perairan Berau yang baru saja pulang dari China dirujuk Tim KKP Tarakan Wilayah Kerja Berau ke RSUD Abdul Rivai Berau. Setelah diberikan pelayanan kesehatan sesuai pedoman kewaspadaan penyakit Covid 19, keduanya dinyatakan bukan terinfeksi Covid 19.

.

2. Balikpapan, 31 Januari 2020 dilaporkan seorang anak WNA berkebangsaan China dirujuk RS Siloam Balikpapan ke RSUD Kanudjoso. Hasil pemeriksaan specimen penderita dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan dinyatakan negatif.

.

3. Pada 1 Februari 2020 dilaporkan WNA asal Rusia dengan riwayat perjalanan dari China berdasarkan hasil penyelidikan Tim DKK Samarinda kasus tidak mengalami gejala sesuai DO. Status discarded.

.

4. Pada 5 Februari 2020 didapatkan laporan dari Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara tentang adanya dugaan kasus pengawasan Covid 19. Seorang laki-laki usia 41 tahun berkebangsaan Malaysia. Hasil pemeriksaan Balitbangkes Kementerian Kesehatan, dinyatakan negatif.

.

5. Pada 5 Februari 2020 dari RS Medika Sangatta terdapat 1 orang dalam pemantauan dan sampai batas berakhirnya masa inkubasi tidak dilaporkan adanya pneumonia pada orang tersebut.

.

6. Selanjutnya, 19 Februari 2020 diperoleh informasi kasus dalam pengawasan dari Kabupaten Berau. Seorang anak perempuan berusia 2 bulan berkebangsaan Malaysia yang sedang melakukan perjalanan bersama orantuanya ke Merancang. Hasil pemeriksaan laboratorium negatif.

.

7. Pada 29 Februari 2020 didapat informasi 2 kasus dalam pengawasan Covid 19 di Balikpapan. Pria 72 tahun dan wanita 62 tahun.  Keduanya WNI yang baru kembali dari umroh. Pemeriksaan masih menunggu hasil lab dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

 

8. Minggu 1 Maret 2020 diterima informasi 1 kasus dalam pengawasan Covid 19 di Balikpapan. Pria 30 tahun dengan riwayat perjalanan dari Korea Selatan. Hasil laboratorium masih ditunggu. Pada tanggal yang sama diterima laporan dari Berau. WNI asal Berau dengan riwayat perjalanan ke Korea Selatan. Pasien berjenis kelamin perempuan usia 42 tahun. Pasien sedang diisolasi dan dilakukan pengambilan sampel untuk konfirmasi laboratorium .

.

9. Pada tanggal 2 Maret 2020 diperoleh informasi 1 kasus pengawasan Covid 19 di Balikpapan. Pasien pria berusia 48 tahun dengan riwayat perjalanan dari Korea Selatan. Hasil laboratorium masih dalam proses.(sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait