Launching Bantuan Pangan Non Tunai, Sa'bani : Komitmen Pemerintah Mengurangi Beban Masyarakat

SAMARINDA - Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) M Sa'bani mengatakan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan komitmen pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang seimbang kepada para keluarga penerima manfaat (KPM) secara tepat sasaran, tepat waktu dan tepat manfaat.  

"BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong), Kelompok Usaha Bersama (Kube) Program Keluarga Harapan (PKH)," kata Sa'bani saat mewakili Guberbur Kaltim pada acara Launching BPNT yang digelar di Kelurahan Gunung Guntur Balikpapan, Rabu (8/8).

Sa'bani menambahkan BPNT merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu dan teregister di basis data terpadu Kementerian Sosial bekerja sama dengan bank penyalur dengan harapan dapat memberikan kemudahan kepada KPM untuk pemenuhan kebutuhan pangan mereka.

"Tujuan BPNT adalah untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang  kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu, sehingga ketahanan pangan di tingkat KPM dapat meningkat dan sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan," papar Sa'bani.  

Jika sebelumnya bantuan sosial diberikan dalam bentuk tunai, saat ini bantuan tersebut langsung diberikan secara non tunai melalui sistem perbankan dan cukup diakses melalui satu kartu kombo dengan fitur tabungan dan uang elektronik yang dinamakan sebagai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Sa'bani mengharapkan dukungan penuh kabupaten/kota dalam pelaksanaan dan penyaluran program BPNT agar dapat terealisasi dengan baik dan tepat sasaran sampai kepada yang berhak. "Ke depan kita harapkan masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan yang semakin berkualitas dalam jumlah yang sesuai dengan harga  yang terjangkau, sehingga pada tahun 2019 akan tercapai penduduk Indonesia yang sejahtera dan terlepas dari kemiskinan," kata Sa'bani. 

Launching BPNT dihadiri Staf Ahli Menteri Sosial Sus Eko Ernanda, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Direktur BI Perwakilan Kaltim, para pimpinan perbankan, Kepala Dinas Sosial Kaltim dan kabupaten/kota, para camat, lurah ketua RT serta undangan lainnya. (mar/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait