Layak Jadi Contoh Nasional

 * Penerapan Sistem Pendidikan Kaltim

 

SAMARINDA – Perhatian dan penerapan sistem pendidikan di Kaltim mendapat acungan jempol dari Anggota Panja (Panitia Kerja) Kurikulum Komisi X DPR-RI. Kaltim dinilai sangat berhasil. 

“Saya salut dan acung jempol atas kinerja Pemprov Kaltim terhadap perhatian dan komitmen memajukan dunia pendidikan,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP),  Itet  Tridjajati Sumarijanto saat dialog Tim Panja Kurikulum Komisi X DPR-RI dengan jajaran Pemprov Kaltim di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu, Kamis (14/2).

Menurut dia,  kebijakan ini luar biasa dimana pembangunan infrastruktur dan fasilitas semuanya ditanggung pemerintah sehingga dapat dijadikan contoh nasional. Dukungan dan perhatian pemerintah terhadap para guru melalui insentif dan peningkatan kompetensinya juga mendapat pujian.

Hal ini terlihat dari besarnya anggaran pendidikan dan alokasi untuk peningkatan kualitas dan kompetensi para guru di Kaltim. 60 persen dari anggaran pendidikan, dikhususkan  untuk pendidikan dan pelatihan guru. Besaran insentif yang diberikan di Kaltim pun  diatas rata-rata nasional. Kebijakan ini tidak dilakukan di daerah lain, meski gaungnya kurang terdengar secara nasional.

Kebijakan Pemprov Kaltim bersama kabupaten dan kota di Kaltim ini selayaknya  menjadi acuan dan rujukan bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Karena, peningkatan kompetensi dan kualitas guru sangat berkaitan dengan peningkatan kualitas siswa didik pada akhirnya.

Diakuinya, hingga saat ini masih ada pemerintah daerah yang kurang memberikan perhatian terhadap pembangunan dan pengembangan pendidikan di daerahnya. Sehingga tidak sedikit tenaga pengajar yang “keleleran” untuk meningkatkan kompetensinya.

Padahal lanjutnya, kompetensi serta kualitas dan keterampilan maupun kemampuan yang dimiliki guru sangat menentukan baginya untuk menerima atau mentranformasikan perubahan-perubahan dan kemajuan dalam sistem pendidikan termasuk perubahan sistem kurikulum.

 “Melihat komitmen kuat ini, saya yakin Kaltim akan lebih maju dan berdaya saing. Pak Dirjen (Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud Profesor Suyanto), saya pikir kebijakan Kaltim ini dapat dijadikan standar pendidikan nasional,” lanjut Itet Tridjajati Sumarijanto, menegaskan. (yans/hmsprov)

Foto: ACUNG JEMPOL. Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim (kanan) bersama Panitia Kerja (Panja) Kurikulum Komisi X DPR-RI yang melakukan kunjungan kerja ke Kaltim. (fajar/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation