Layani Masyarakat dengan Baik

Peresmian Kantor Cabang BPJS Samarinda

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap dengan program Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS), masyarakat dapat terlayani dengan baik.Termasuk dengan dibangunnya Kantor Cabang BPJS Samarinda diharapkan masyarakat lebih terlayani. 

“Saya yakin masyarakat bisa terlayani dengan baik, karena sarana dan prasarana yang dimiliki Kantor Cabang BPJS Samarinda sangat lengkap. Apalagi, RSUD Abdul Wahab Syahrani juga statusnya telah meningkat menjadi tipe A. Diharapkan pelayanan kesehatan masyarakat lebih baik,” kata Awang Faroek Ishak usai meresmikan Kantor Cabang BPJS Samarinda di Jalan AW Sjahranie, Sabtu (22/2). 

Awang menegaskan, BPJS bukan hanya bermanfaat bagi para PNS, anggota Polri maupun TNI. Tetapi, para petani juga bisa merasakan manfaat layanan tersebut. Gubernur sangat yakin, saat ini Kaltim sudah sangat siap melaksanakan program-prgoram BPJS. Menurut dia, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berlaku per 1 Januari 2014. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun memastikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan BPJS akan menjalankan program tersebut.

Melalui program BPJS dan Program JKN, kemudian dengan dukungan segala perangkat maupun tenaga dokter maupun perawat di daerah membuktikan bahwa  Kaltim sudah siap melaksanakan program pro rakyat ini.

“Yang jelas, peserta BPJS tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal, namun juga pekerja informal. Misalnya, petani. Pekerja informal juga wajib menjadi anggota BPJS. Para pekerja wajib mendaftarkan dirinya dan membayar iuran sesuai dengan tingkat manfaat yang diinginkan,” jelasnya.

Program  ini secara universal diharapkan bisa dimulai secara bertahap pada 2014 dan 2019. Seluruh warga  Kaltim diharapkan sudah memiliki jaminan kesehatan tersebut.

Sementara itu, Direktur Pelayanan BPJS Pusat Fadjrianur mengatakan, anggota BPJS dan JKN di Samarinda juga berhak mendapatkan jaminan pelayanan di RSUD AWS, termasuk pelayanan bedah jantung.

 “Karena jaminan tersebut termasuk dalam program JKN dan BPJS. Maka, RSUD AWS wajib memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN dan BPJS di Kaltim. Seperti dilakukan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta,” jelasnya. (jay/hmsprov)

//Foto: SUDAH BERLAKU. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mendapat penjelasan tentang layanan BPJS. (johan/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation