Kalimantan Timur
Lebih Berhati-hati

Ist

Penambahan kasus positif Covid-19 kembali melesat pada Minggu (2/8/2020). Terjadi penambahan pasien positif cukup signifikan mencapai 83 orang. Sementara pasien sembuh hanya tiga orang.

 

"Ini peringatan bagi kita agar lebih berhati-hati. Penularan Covid-19 masih sangat masif," pesan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Yudha Pranoto, Senin (3/8/2020).

 

Penambahan tertinggi kemarin terjadi di Balikpapan sebanyak 46 kasus. Disusul Samarinda 18 kasus, Kutai Kartanegara 17 kasus dan Paser 2 kasus. Sedangkan tiga kasus sembuh seluruhnya berasal dari Balikpapan.

 

Para petugas BPBD di seluruh daerah terus melakukan kampanye agar masyarakat membudayakan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

 

Pasalnya, siapa terpapar virus corona menjadi semakin sulit dilacak karena banyaknya kasus asimtomatik atau orang tanpa gejala.

 

Selanjutnya, petugas juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah titik untuk menekan laju penyebaran virus corona.

 

Para petugas BPBD Samarinda misalnya, mereka melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah lokasi. Di antaranya ke rumah pasien dalam pengawasan (PDP) dan permukiman warga sekitarnya di Jalan Kenangan 9 Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang.

 

"Mereka juga melakukan penyemprotan disinfektan di RT 10 Jalan Lambung Mangkurat, Kelurahan Pelita Samarinda Ilir," tambah Yudha.

 

Penyemprotan juga dilakukan ke RT 37 Perumahan Pondok Puri Mas Asri Arisco, Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan. (sul)

Berita Terkait