Legislatif Mitra Eksekutif

Legislatif Mitra Eksekutif

 

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP pada pelantikan Ketua DPRD Kaltim periode 2014-2019 kembali menegaskan lembaga legislatif merupakan mitra kerja pemerintah daerah atau eksekutif.

“Legislatif atau DPRD bagian tidak terpisahkan dari pemerintahan daerah atau kedudukan lembaga ini sebagai mitra kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan,” kata Mukmin Faisyal, Kamis (23/10).

Menurut dia, sebagai mitra maka semangat yang harus dibangun adalah semangat kemitraan (partnership). “Artinya, tidak menempatkan unsur legislatif pada kedudukan yang lebih tinggi daripada eksekutif maupun sebaliknya,” ujarnya.

Baginya, legislatif harus memandang eksekutif sebagai mitra bukan pihak yang harus dihindari. Apalagi  harus bertolak belakang hanya karena adanya kepentingan tertentu. Sebab DPRD juga unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Sebagai cerminan wakil rakyat lanjut Wagub, setiap anggota DPRD harus pro aktif dan mampu mencermati serta menyerap berbagai aspirasi yang berkembang di masyarakat, terutama ikut menuntaskan berbagai permaalahan yang terjadi dan dialami masyarakat. 

Hal ini, ujar Mukmin agar pemerintahan daerah berjalan lancar dan program kebijakan yang telah disepakati bersama antara eksekutf dan legislatif dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti.

“Namun yang terpenting bagi anggota legislatif maupun eksekutif dalam melaksanakan tugasnya tidak melampaui kewenangan dan bertentangan dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Selain itu dalam mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kaltim maka Wagub dan bersama jajaran pemerintah daerah mengharapkan adanya pandangan, saran dan koreksi positif guna meningkatkan kinerja pemerintah.

Utamanya dalam melaksanakan Visi Kaltim Maju 2018 untuk mewujudkan Kaltim sejahtera yang merata, berkeadilan berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan termasuk merumuskan program-program pembangunan yang telah direncanakan.

“Saya mengajak marilah kita bangun Benua Etam yang Ruhui Rahayu ini dengan berjuang dan berpihak kepada rakyat serta bersama-sama dengan pemerintah mewujudkan Kaltim yang aman, damai, adil, makmur dan sejahtera,” ajak Mukmin.

Sementara itu Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun mengemukakan dirinya bersama seluruh jajaran beserta anggota DPRD Kaltim untuk meningkatkan integritas kinerja dan bersama pemerintah daerah siap menyukseskan berbagai program pembangunan.

“Saya rasa kita semua telah menetapkan berbagai program prioritas pembangunan bersama eksekutif. Kami tetap bekerja dengan integritas yang tinggi sesuai fungsi lembaga demi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat Kaltim,” ujar Syahrun.

Selain HM Syahrun juga dilantik dan diambil sumpah wakil ketua Doddy Rondonuwu, Endri P Tandi dan H Faisyal Assegaf.  Rapat paripurna istimewa dihadiri 50 anggota DPRD Kaltim.

Tampak hadir Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi serta jajaran FKPD dan pinpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim. Walikota Samarinda H Syaharie Ja’ang, Walikota Bontang H Adi Darma dan Walikota Balikpapan H Rizal Effendi, pimpinan parpol, ormas dan organisasi sosial.(yans/hmsprov)

//Foto: SELAMAT BERTUGAS. Wagub Kaltim H Mukmin Faisyal HP mengucapkan selamat dan berjabat tangan dengan Ketua DPRD Kaltim H Syahrun.(fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait