Legislatif PPU Pelajari Pembentukan BKPP

Legislatif PPU Pelajari Pembentukan BKPP

 

SAMARINDA – Lembaga legislatif (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah/DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan kunjungan sekaligus konsultasi ke Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim guna pembentukan BKPP di PPU.

“Di PPU sudah terbentuk instansi yang sama hanya statusnya kantor, sehingga DPRD setempat bermaksud menaikkan status menjadi badan,” kata Kepala BKPP Kaltim H Fuad Asaddin didampingi Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Erwin Dharmawan, Jumat (15/8).

Namun lanjutnya, untuk mengubah atau menaikkan status dari kantor menjadi badan maka lembaga legislatif PPU melalui Komisi II yang dipimpin Ketua Komisi II Muslimin untuk mengetahui secara jelas tupoksi dan kewenangan instansi tersebut.

Fuad menjelaskan kewenangan serta tupoksi yang dimiliki BKPP sangat jelas dan berbeda dengan instansi teknis di sektor pertanian lainnya baik perkebunan, pertanian tanaman pangan, peternakan maupun perikanan.

Diantaranya, BKPP sangat jelas spesifikasi membidangi konsumsi, ketersediaan, distribusi dan penyuluhan. Konsumsi terkait kegiatan keragaman pangan maupun kegiatan cadangan pangan pemerintah serta kegiatan penanganan kerawanan pangan.

Pada dasarnya menurut Fuad, Pemprov Kaltim sangat mendukung atas keinginan lembaga legislatif PPU untuk mengubah kantor menjadi badan. “Apalagi, PPU merupakan salah satu lumbung padi di Kaltim,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD PPU Muslimin menegaskan pihaknya akan segera berkonsultasi dengan lembaga eksekutif untuk perubahan status instansi yang menangani ketahanan dan keamanan pangan di daerah tersebut.

“Kami telah berkomitmen untuk menyukseskan pembangunan dan pengembangan ketahanan dan kemandirian pangan di daerah. kedepan, kita berharap kepala daerah segera merespon untuk membentuk BKPP di PPU,” ungkap Muslimin.

Ikut hadir dalam kunjungan kerja Komisi II DPRD PPU ke BKPP Kaltim dalam rangkaian koordinasi ketahanan pangan dan pembinaan petani yakni anggota komisi Hj Anjarmas, Jamaluddin, Hj Jumriah serta Wakidi, H Rusbani saerta Anwar Sanusi.(yans/hmsprov)

//Foto: Rapat koordinasi BKPP Kaltim dengan anggota Komisi II DPRD Penajam Paser Utara.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation