Lelang Proyek 2021 Segera Diumumkan Dorong Ekonomi Masyarakat dengan Dana Pemerintah

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Tahun anggaran 2021 ini, Provinsi Kalimantan Timur memperoleh surplus keuangan mencapai Rp2 triliun.

 

Atas kondisi keuangan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa'bani meminta jajaran perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim segera melakukan tahapan kegiatan dalam pelaksanaan program.

 

"Saya harap betul-betul efektif lah memanfaatkan anggaran, dan bisa menstimulus ekonomi dan pembangunan daerah," kata Sa'bani di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (18/1/2021).

 

Karenanya, lanjut Sekprov, tidak ada salahnya di awal tahun anggaran ini, OPD-OPD segera mempersiapkan untuk proses-proses pengadaan barang dan jasa serta berbagai kegiatan lainnya.

 

Menurut dia, semakin cepat anggaran terserap maka semakin cepat pula pergerakan ekonomi yang bisa memacu pertumbuhan dan pemulihan ekonomi melalui dana pemerintah.

 

Terlebih lagi, ungkapnya, tahun anggaran kali ini dalam masa pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 10 bulan lalu (pertengahan Maret tahun lalu).

 

"Januari ini, kita sudah siapkan proyek-proyek untuk melakukan pengumuman-pengumuman lelang," jelasnya.

 

Bahkan, ujarnya, Pemprov sudah membuat surat edaran kepada seluruh OPD untuk mempersiapkan  pengumuman lelang.

 

Surplus keuangan Provinsi Kaltim tahun anggaran 2021 bersumber dari DBH sebesar Rp921 miliar, dan DAK non fisik sebesar Rp478 miliar. Ditambah PAD surplus sebesar Rp592 miliar.(yans/sul/sdn/humasprov kaltim)

Berita Terkait