Kalimantan Timur
Lestarikan Kearifan Lokal

foto:yuvita/humasprovkaltim

TANJUNG REDEB - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Norbaiti Isran Noor meresmikan Kantor Dekranasda Berau. Dalam kantor tersebut digelar pameran produk-produk lokal khas Berau, Kaltim. 

 

"Inilah peran Dekranasda. Kita harus mendukung UMKM yang memproduksi produk lokal. Ini adalah kearifan lokal yang harus dilestarikan," tutur Norbaiti saat meninjau pameran di Kantor Dekranasda Berau, Kamis (15/4/2021). 

 

Norbaiti berharap produk lokal akan semakin berkembang pesat. Sehingga dia berpesan agar pelaku UMKM di Kaltim terus meningkatkan kualitas produk dan kemasannya. 

 

Sambil berkeliling, Norbaiti mengunjungi ibu-ibu yang sedang menenun kain dengan alat tradisional sederhana. Kain tersebut dibuat dari benang-benang yang disusun rapi hingga menjadi kain. Melihat itu, Norbaiti takjub dengan kepiawaian pengrajin tersebut. 

 

"Membuat kain dengan cara tradisional adalah seni budaya yang perlu dilestarikan. Jangan dijual murah, karena bukan sekadar menjual kain, tapi jual filosofi dan seninya. Apalagi pembuatannya memakan waktu tiga minggu untuk selembar kain ini," ujar Norbaiti usai berbincang dengan pengrajin kain tenun. 

 

Norbaiti mengatakan, Berau memiliki potensi wisata yang luar biasa hingga terkenal di tingkat nasional bahkan mancanegara. Potensi ini merupakan peluang yang besar untuk masyarakat Berau dalam mengenalkan produk-produk lokal unggulan. (yuv/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait