Lewat Teluk Pandan Penumpang Dicek

Ist

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di semua kabupaten dan kota di Kaltim terus bekerja untuk mencegah penyebaran virus corona, baik dari transmisi lokal maupun masuknya virus dari daerah lain.

Dari laporan Gugus Tugas Kabupaten dan Kota, Kamis (30/4/2020), di Kabupaten Kutai Timur misalnya, pengecekan dilakukan kepada orang-orang yang melintas di Kecamatan Teluk Pandan.

"Anggota Gugus Tugas dan relawan di sana melakukan pengecekan penumpang yang melintas dari arah Sangatta maupun dari arah Bontang," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Nazrin, Jumat (1/5/2020).

Pengecekan ini sebagai antisipasi agar virus corona tidak "mampir" di kampung mereka.

Pengecekan serupa juga terus dilakukan di destinasi wisata andalan Kaltim, Pulau Derawan dan Maratua di Kabupaten Berau, termasuk juga di kabupaten perbatasan negara, Mahakam Ulu. 

Kewaspadaan juga semakin ditingkatkan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), terutama di Kecamatan Babulu dan Penajam, Ibukota PPU.

"Ada delapan kasus positif Covid-19 di Penajam dan tujuh positif di Babulu. Selain  virus yang masuk dari luar daerah,  transmisi lokal juga harus diwaspadai," tambah Nazrin.

Sebab itu lanjut dia, pemerintah terus menyampaikan imbauan untuk tetap di rumah saja, jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan membudayakan pola hidup bersih dan sehat.

Hingga Kamis (30/4/2020) tercatat di Kaltim 134 kasus positif Covid-19, sebanyak 13 orang dinyatakan sembuh dan 1 meninggal. Orang Dalam Pemantauan (ODP) 7.921 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 544 orang. (sul)

Berita Terkait