Libur Lebaran Rumah Sakit Tetap Buka

 

SAMARINDA - Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim telah mempersiapkan  seluruh rumah sakit, baik provinsi maupun yang ada di kabupaten/kota melalui dinas kesehatan masin-masing agar tetap  buka  untuk memberikan pelayanan  kesehatan pada libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Rini Retno Sukesi  menjelaskan, bukan rumah sakit saja yang akan tetap buka, tetapi pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang memikili Unit Gawat Darurat (UGD) nantinya juga akan tetap buka untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

"Oleh karena itu, pada saat libur lebaran mendatang rumah sakit dan Puskesmas-Puskesmas  yang memiliki UGD  akan tetap buka dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Rini Retno Sukesi saat memberikan laporan pada  Rapat Koordinasi (Rakor) penyelenggaraan angkutan lebaran terpadu 2017 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin (12/6).

 

Untuk memberikan pelayanan pada libur lebaran mendatang, Dinas Kesehatan Provinsi dan kabupaten/kota sudah  berkoordinasi  untuk menetapkan jadwal  dan siapa-siapa petugasnya,  baik untuk yang  bertugas di rumah sakit maupun pada puskesmas-puskesmas. "Intinya, pada libur lebaran mendatang, rumah sakit maupun Puskesmas akan tetap buka untuk memberikan pelayanan  kesehatan kepada masyarakat," tegas Rini Retno.

 

Selain itu,  lanjutnya, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang sedang melakukan perjalanan pada  arus mudik maupun arus balik lebaran, Dinkes Provinsi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota nantinya siap menempatkan personilnya pada posko-posko yang telah dibentuk oleh Polda Kaltim, pada  jalur jalan darat Samarinda - Balikpapan, Samarinda - Bontang dan Bontang - Sangata.

 

"Kita sudah berintegrasi dengan Polda Kaltim  maupun stakeholders lainnya untuk mempersiapkan tenaga kesehatan, sarana prasarana lengkap dengan obat-obatan  yang ditempatkan pada posko-posko yang didirikan Polda Kaltim pada jalur jalan darat untuk memberikan pertolongan  kepada  pemudik  yang sakit maupun  pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas," papar Rini Retno Sukesi. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait